oleh

Panwaslu Kabupaten/Kota Diminta Profesional dan Konsisten Jalankan Tugas

Gorontalo (RGOL.ID) – Integritas dalam melaksanakan tugas dan kewenangan pengawasan pemilu diperlukan untuk menjalankan amanah undang-undang, kualitas dan kuantitas penyelenggara Panwaslu Kecamatan akan menjadi sorotan masyarakat dalam menjalankan tugas.

Olehnya, Panwaslu Kecamatan harus profesional dan konsisten dalam menjalankan tugasnya. Hal tersebut diungkapkan Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Idris Usuli saat memberikan pembekalan bagi Panwascam Se-Kabupaten Gorontalo yang berlangsung di Grand Q Hotel Kota Gorontalo Kamis (27/10).

Idris meminta kepada Panwascam, mempelajari serta cermat terhadap norma hukum berkaitan dengan pemilu karena biasanya paslon akan bertanya kepada pengawas mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan, minimal pengawas bisa menjelaskan mengenai regulasi yang diterapkan.

“Saya meminta kepada Panwascam Se-Kabupaten Gorontalo banyak mempelajari regulasi pemilu sebab itu menjadi dasar dalam penegakan hukum,” tegas Idris.

Sebagai panwaslu kecamatan yang mempunyai tugas dan kewenangan dalam mengawasi jalannya tahapan pemilu yang saat ini berjalan, Idris berharap integritas Panwascam mampuh memberikan kualitas yang baik dalam menjalankan amanah.

Sementara itu, ditempat yang berbeda, Anggota Bawaslu Provinsi Gorontalo Ahmad Abdullah dan Kordiv SDMO, Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Amin Abdullah, mengatakan Panwascam direkrut sesuai dengan mekanisme tujuanya ialah mencari penyelenggara yang berkompeten dan mumpuni.

Pelantikan dan pembekalan kepada Panwaslu Kota Gorontalo

“Kami mengharapkan dalam melaksanakan tugas ke depan sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” ujar keduanya pada pembekalan pada Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Gorontalo Utara dan Kota Gorontalo. Keduanya menitipkan agar nantinya seluruh Panwascam Se-Kabupaten/kota untuk manjaga marwah penyelenggara pemilu ditingkat kecamatan, dan berintegritas yang tinggi. (RG-25)


Jangan Lewatkan

Komentar