oleh

6 Bulan Sudah Berlalu. Siap-siap, Bupati Sudah Bisa Memutasi

RGOL. ID. GORONTALO – Kewenangan memutasi atau merolling pejabat dilingkungan Pemda
Kabupaten Gorontalo kini sudah bisa dilakukan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo.

Sebab terhitung mulai hari ini Jumat (27/08), masa berlaku 6 bulan itu sudah berlalu per tanggal 26 Agustus, Kamis kemarin.

Oleh sebab itu, hak- hak Bupati sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian yang melekat kepadanya dikembalikan secara otomatis tanpa menunggu ijin Mendagri.

Staf khusus Bupati bidang hukum, Rio Potale SH.MH mengatakan, hak pribadi Bupati kini sudah bisa memutasi siapa saja yang dikehendaki ataupun dinilai mampu untuk itu.

Sebab pembatasan 6 bulan sebelum dan sesudah sudah berakhir, Kamis kemarin. ” Ya, sudah habis. Jadi sudah bisa meski tak seijin Mendagri.” Ujarnya.

User dalam hal ini Bupati kata Rio sudah memulai semua didasarkan penilaian siapa yang dinilai mampu untuk ditempatkan dimana.

Artinya hak preogratif penuh Bupati itu sudah dikembalikan secara otomatis. ” Tentu Bupati punya penilaian sendiri, hingga mungkin ditambah dengan penilaian penilaian lainnya yang didasari dari beberapa hal. Kapasitas, Kapabilitas dan kualitas,” ujarnya.

Mutasi juga adalah hal biasa dipemerintahan. Selain penyegaran seeprti biasanya, juga ada pengembangan karier, hingga pula mengisi kekosongan.

” Ya, dan Bupati sudah pernah menyatakan hal itu. Ada dasarnya, ada penilaiannya, itu hak Bupati,” ujar Rio.

Sementara itu belum lama ini Bupati juga pernah menyatakan hal yang sama. Bahwa kalau bukan akhir Agustus, mutasi akan digelar September.

” Semua akan kita kaji. Ada dasarnya, ” ujarnya. Bupati sudah mewarning hal ini, ada analisis jabatan, mengisi kekosongan jabatan, dan juga yang menarik adalah tergantung amal perbuatan. (Qn)


Komentar