oleh

7 CATATAN BPK RI UNTUK 3 DAERAH PENERIMA WTP

-Gorontalo-364 Pengunjung

GORONTALO RGOL.ID—Dibalik penghargaan tiga daerah langgan WTP, Kotar Gorontalo, Pemda Kabgor dan Bone Bolango. Ternyata masih ada catatan penting dari BPK  yang harus dipenuhi dan  diperhatikan dalam laporan keuangan.  7 catatan penting itu adalah.

1. Permasalahan berkaitan dengan pengelolaan pendapatan dan belanja BPK masih menjumpai adanya potensi retribusi dan belanja. BPK masih menjumpai adanya potensi retribusi persampahan dan tempat wisata yang belum dipungut. Pengunaan langsung atas hasil pemungutan retribusi,penerbitan SP2DTU nihil belum tertib.Belum ada monitoring dan evaluasi atas  belanja bantuan social, kesalahan pengganggaran pada belanja barang dan jasa dan belanja modal. Serta penerima hibah belum ada penyampaian pertanggung jawaban, penggunaan tidak sesuai NPHAD pertanggung jawaban terlambat dan tidak lengkap.

2. Permasalahan berkaitan dengan pengelolaan pembiayaan.  BPK menjumpai ,permasalahan berupa pencatatan penerimaan, dan pelunasan pinjaman, tidak didukung surat pengesahan dari  BUD.

3.Permasalahan berkaitan dengan pengelolaan kas,piutang dan persediaan BPK menjumpai permasalahan antara lain rekening bank belum ditetapkan oleh kepala daerah. Pencatatan dalam BKU dan penyetoran pendapatan tidak tertib,piutang sewa berlarut-larut serta masa kadaluwarsa obat dan bahan medis pakai habis kurang dari 24 bulan saat diterima.

4. Permasahan berkaitan dengan pengelolaan aset tetap BPK masih menjumpai permsalahan antaran lain aset tetap tidak dilengkapi informasi yang memadai seperti status, lokasi,luasan dan ukuran volume, sebagaimana fisiknya tidak dapat ditelusuri, tidak didukung bukti  kepimilikan yang memadai serta dicatat secara gelondongan.


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.