oleh

8 Alat Kalibrasi UPTD PKB Dinyatakan Layak

KABGOR – Sebanyak 8 alat Kalibrasi milik UPTD Pengujian Kenderaan Bermotor atau PKB Dinas Perhubungan Kabupaten Gorontalo dinyatakan lulus uji alias masih layak pakai.

Pengujian ini dilakukan langsung pihak Kementrian Dirjen perhubungan darat Balai pengelola transportasi darat wilayah XXI pusat dan Gorontalo.

Kepala UPTD Roy Sandi Umar mengatakan, ke-8 mesin kalibrasi ini antara lain Break tester untuk alat uji pengereman, alat uji spidometer dan 6 alat lainnya.

” Allhamdulillah selama dua hari pihak kementrian mengecek alat Kalibrasi kita dan semuanya dinyatakan layak pakai. ” Ujarnya.

Kesemua alat ini hasilnya semuanya akurat, dan bisa melakukan pelayanan uji kelayakan kenderaan. Meski saat ini pihak teknisi dari Magelang masih terus melakukan pembenahan, namun dipastikan mulai pekan depan UPTD PKB akan mulai beroperasi.

Pengecekan pembenahan semua alat ini harus senantiasa dilakukan berkala. Dan dalam ketentuannya setahun ada dua kali pengetesan kalibrasi. ” Kebahagiaan kami semua alat akurat,” tambah Roy.

Penyerahan hasil uji kalibrasi alat oleh pihak kementerian ke UPTD PKB Kabgor. (Foto:dok)

Pihak kementerian yang datang langsung yakni Adi Kurniawan A.Md, PKB, Dwi Wahyu Ramadhan SH, Moh. Ibrahim Santoy dan datang benar benar memastikan alat kita, tentu dengan menggunakan alat khusus.

Bukan hanya itu kata Roy Sandi, UPTD PKB juga sudah menggunakan reader RFID, transporder menyimpan dan mengambil data jarak jauh.

Dimana untuk materialnya sudah mengajukan 2500 bluecard, dan baru UPTD PKB Kabupaten Gorontalo yang mengajukan.

UPTD sendiri bisa dibilang semacam ‘Klinik kesehatan’ kenderaan roda empat, yang didalamnya ada KEUR atau biasa disebut KIR, yang menjadi akta lahir kenderaan, dinilai kelayakan jalannya atau tidak.

UPTD ini seiring waktu pasca dipegang Kepala yang baru Roy Umar, terus melakukan berbagai inovasi menuju kualitas lembaga UPTD itu sendiri, dan optimis menuju kenaikan type, dari B ke A. (Qn)


Jangan Lewatkan

Komentar