Foto bersama pada kegiatan Forum Keselamatan Transportasi dan Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata, yang dihadiri langsung Gubernur Rusli Habibie
Foto bersama pada kegiatan Forum Keselamatan Transportasi dan Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata, yang dihadiri langsung Gubernur Rusli Habibie

Forum Keselamatan Transportasi dan Pemberdayaan KSW, Dibentuk 

RadarGorontalo.com – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie membuka Forum Keselamatan Transportasi dan Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata, yang menghadirkan ratusan abang bentor dan kelompok sadar wisata dari berbagai destinasi. Gubernur dalam kesempatan itu mengungkapkan bahwa, keselamatan dan kenyamanan bertransportasi.

Bentor, sebagai salah satu alat transportasi paling umum di Gorontalo, masih perlu untuk meningkatkan kesadaran dan tanggungjawab sebagai pengendara agar supaya keamanan dan kenyamanan penumpang lebih terjaga. “Transportasi yang aman dan nyaman memiliki korelasi yang sangat kuat dengan peningkatan sektor pariwisata di Gorontalo.

Memang untuk saat ini bentor belum mendapatkan lisensi dari instansi terkait untuk menjadi kendaraan umum yang layak digunakan oleh masyarakat, namun saat ini bentor terus menjamur sehingga kami pemerintah masih terus memperjuangkan ke Kementrian Perhubungan, agar bentor bisa menjadi kendaraan umum yang layak. Apalagi hampir sebagian besar masyarakat Gorontalo, menambah penghasilan dengan menjadi pengemudi bentor, tentunya ini harus menjadi bahan pertimbangan pemerintah pusat,” kata Rusli.

Pada kesempatan itu juga, Rusli mengharapkan agar kelompok sadar wisata bisa lebih diberdayakan, agar aspek estetika dari destinasi destinasi yang ada di Provinsi Gorontalo dapat terjaga dan untuk dikembangkan lagi. “Pengemudi bentor sebaiknya memiliki pengetahuan yang mendalam tentang objek obyek wisata di Gorontalo, sehingga jika kebetulan mendapatkan penumpang dari luar daerah, maka mereka bisa memperkenalkan pariwisata Gorontalo,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga melakukan dialog dan mendengarkan aspirasi para pengemudi bentor. Selain itu, Gubernur menyerahkan secara simbolis helm SNI, pemberian SIM gratis unutk abang bentor, dan penempelan stiker Pesona Indonesia di bentor, yang merupakan bentuk pemberdayaan abang bentor disektor wisata. Kegiatan yang berlangsung dirumah jabatan Gubernur, dihadiris SKPD, unsur Polda, Jasa Raharja dan kepala SKPD. (RG-25)

1 Comment

  1. yess!
    sudah sepantasnya para abang bentor memiliki wawasan tentang wisata dan budaya Gorontalo tercinta, dan terus mengasah kemampuan berkomunikasi khususnya dengan penumpang dari luar Gorontalo, sehingga kalau ditanya tidak hanya bilang “tauuuuu..” 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.