Bupati Dr. Indra Yasin, MH saat disambut masyarakat Kecamatan Sumalata Timur pada acara penganugerahan gelar adat pulanga kepada Camat Sumalata Timur, Sabtu (4/11)
Bupati Dr. Indra Yasin, MH saat disambut masyarakat Kecamatan Sumalata Timur pada acara penganugerahan gelar adat pulanga kepada Camat Sumalata Timur, Sabtu (4/11)

RadarGorontalo.com – Sebagai daerah yang masuk sebagai 19 lingkaran adat di Indonesia bupati Dr. Indra Yasin, MH meminta kepada seluruh pemangku adat dan seluruh masyarakat termasuk dunia pendidikan untuk selalu menjaga nilai-nilai adat istiadat serta melestarikannya.

Hal tersebut disampaikan bupati saat menghadiri pemberian gelar adat pulanga kepada Camat Sumalata Timur sofyan Djaidjun di Desa Dulukapa Kecamatan Sumalata Timur, Sabtu (5/11) . “Adat Gorontalo merupakan diantara 19 adat di Indonesia. Oleh karena para pemangku adat dan seluruh masyarakat Gorontalo harus mendukung dan ikut serta dalam menumbuhkembangkan adat istiadat yang berkembang ditengah-tengah masyarakat.

Selain itu juga adat Gorontalo ini perlu dilestarikan sehingga penyelenggaraan adat ini dapat dilaksanakan sesuai dengan tata urutan serta dapat dilaksanakan secara terus menerus dimasa yang akan datang”, jelas bupati. Acara yang dihadiri Wakil Bupati Drs. Roni Imran, para asisten, pimpinan SKPD, seluruh camat, para pemangku adat, bupati menyampaikan bahwa adat merupakan kebiasaan masyarakat dan hukum yang tidak tertulis akan tetapi adat istiadat dipegang teguh oleh masyarakat Gorontalo.

Apalagi Gorontalo memiliki prinsif adat bersendihkan sara, sarah berseindihkan kitabullah. Artinya nilai-nilai adat selalu berkaitan dengan nilai-nilai agama Islam yang selama ini telah dipegang teguh oleh masyarakat. (RG.53)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.