Menpora menyerahkan bonus secara simbolis. Foto: Amjad/JPNN
Menpora menyerahkan bonus secara simbolis. Foto: Amjad/JPNN
JAKARTA – Prosesi penyerahan bonus para peraih medali di Olimpiade dan Paralimpiade 2016 akhirnya terlaksana di GOR POPKI-PP PON Cibubur, Rabu (2/11) siang.

Pemerintah secara simbolis telah menyerahkan bonus yang totalnya mencapai Rp 19 miliar itu kepada para pahlawan olahraga nasional.

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir mendapat masing-masing Rp 5 miliar, kemudian Eko Yuli Irawan dan Sri Wahyuni ‎peraih perak dengan masing-masing Rp 2 miliar.

Satu atlet Paralimpiade yang meraih perunggu, Ni Nengah Widiasih, mendapat Rp 1 miliar.

Sementara itu, pelatih Richard Mainaky (Bulu tangkis) Rp 2 miliar, Dirdja Wihardja dan Supeni (angkat besi) masing-masing Rp 800 juta, ‎Koni Ruswanto (Paralimpiade) Rp 400 juta.

“‎Harusnya digelar pada November pertengahan nanti. Tapi karena keseriusan pemerintah, akhirnya dapat diserahkan lebih cepat, ini luar biasa,” kata Menpora Imam Nahrawi, dalam penyerahan hadiah.

Keberhasilan ini, menurut Imam harus dipertahankan bahkan ditingkatkan karena masih ada empat tahun ke depan untuk menyiapkan diri.

Untuk itu, dia berharap apa yang diperoleh atlet yang berprestasi ini, bisa membangkitkan semangat atlet lainnya untuk berprestasi.

Menurtu Imam, jumlah hadiah ini awalnya hasil diskusi dengan Presiden RI Joko Widodo. Dia sempat ditanya terkait nilai bonus di Asian Games Incheon.

“Pak Jokowi kemudian bilang, segera siapkan dari sekarang bonus untuk Asian Games pun diatas M (miliar) bukan lagi ratus juta.”

“Itu artinya Presiden Jokowi dan JK betul-betul memperhatikan masa depan atlet. Ini memberikan peluang lahirnya atlet masa depan tanah air. Tidak ada lagi kekhawatiran orang tua kalau atlet tidak diperhatikan,” ‎tegasnya.

Wajah sumringah dan têtes air mata sempat terlihat dari mata para atlet. Apalagi, saat musik Padamu Negeri diputar menjadi backsound pemberian hadiah.

Mereka tersentuh dan bahagia dengan bonus ini. (dkk/jpnn/rg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.