Peletakan batu pertama pembangunan Korem Gorontalo, yang dilakukan Pangdam Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito.

RadarGorontalo.com – Dengan adanya pembangunan Komando Resort Militer (Korem) Gorontalo, personil Tentara Negara Indonesia (TNI) di Gorontalo akan bertambah 5000 personil. Peletakan baru pertama pembangunan markas kesatuan TNI AD yang ada di Desa Tridarma Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo sudah dilakukan, buktinya Senin, (20/3) Panglima Kodam Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, melakukan peletakan batu pertama.

Dijelaskan Ganip Warsito, 5000 personil ini akan didatangkan secara bertahap sesuai dengan tahapan pembangunan Korem. “Setelah pembangunan tahap awal ini selesai, kami akan mendatangkan 1000 personil, untuk menempati markas tersebut,” timpalnya. Menurut Ganip, pembangunan ini baru dilakukan tahap awalnya, dengan luas tanah sebesar 5 Hektar dari luas secara keseluruhan mecapai 25 Hektar. Hanya saja kata Ganip, karena masih ada proses pembebasan lahan, yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi Gorontalo. “Sisa 20 Hektar lagi, akan dikerjakan secara bertahap,” ujarnya.

Menariknya, korem ini diberi nama Nani Wartabone yang juga sebagai Pahlawan Gorontalo. Dengan alasan kata Ganip, sesuai dengan permintaan pemerintah provinsi dan tokoh masyarakat dan tokoh adat. “Permintaan ini masih kami akan bahas bersama dengan kesatuan tinggi. Memang biasanya nama korem diberi nama pahlawan yang bersejarah di daerah, sebagaimana nama korem di daerah-daerah lainya,” ketusnya.

Selain itu tambah Mayjen Ganip Warsito, keberadaan Korem ini bukan hanya membantu Pemerintah Daerah se Gorontalo dan masyarakat, dalam peningakatan stabilitas keaman dan kertiban. Namun dari sisi perputaran ekonomi pun, keberadaan Korem sangat dibutuhkan. Dan hal itu bisa dilihat dari jumlah personil yang nantinya akan menempati korem tersebut. Tidak hanya itu, sebagai mitra dari pemerintah daerah tentunya TNI siap andil mendukung program yang dilaksanakan Pemerintah daerah setempat. Terlebih program yang digagas pemerintah itu, sejalan dengan program yang ada di TNI. “Kami siap memberikan yang terbaik untuk Gorontalo, baik dari segi kemanan, perputaran ekonomi dan lain sebagainya,” jelasnya.

Seda Provinsi Gorontalo Prof. Dr. Hj, Winarni Monoarfa menambahkan, sebagai Pemerintah Provinsi Gorontalo pihaknya tidak hanya mendukung pembangunan Korem Gorontalo ini. Tapi siap meningkatkan sinergitas dan kerjasama, dalam membangun Gorontalo kedepan. Terlebih Gorontalo tidak hanya berbatasan dengan provinsi tetangga seperti Sulawesi Utara (Sulut), dan Selatan. Tapi berbatasan dengan dua negara, seperti Pilipin. Sehingga baginya, keberadaan Korem di Gorontalo sangat diperlukan dan penting untuk masa depan Gorontalo. “Setelah proses pembesan lahan selesai dilakukan pemerintah provinsi, kami siap untuk membantu pengembangan pembangunan Korem Gorontalo ini,” tutur Winarni.(rg-62)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.