oleh

Angka Kriminal di Gorontalo Mengalami Penurunan

-Hukum & Kriminal-255 Pengunjung

GORONTALO (RGOL.ID) – Dalam rangka menganalisa dan mengevaluasi pelaksanaan kinerja bidang operasional dan bidang pembinaan yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja di Tingkat Polda hingga Polres jajaran, maka Biro Ops Polda Gorontalo menggelar kegiatan Gelar Opsnal (GO) Triwulan I yang dilaksanakan di Aula Titinepo Polda Gorontalo. Rabu (07/04/2021).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolda Gorontalo, Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, didampingi Wakapolda Gorontalo, Irwasda Polda Gorontalo, Para Pejabat Utama Polda Gorontalo, Para Kapolres, para Kabag Ops, serta para Kapolsek Jajaran Polda Gorontalo.

Dalam arahannya, Kapolda Gorontalo menjelaskan, selama periode triwulan I tahun 2021, Polda Gorontalo dan jajaran dihadapkan pada penanganan Covid-19 dan penggelaran operasi kepolisian baik terpusat maupun kewilayahan serta kegiatan dalam mengantisipasi aksi terorisme dan bencana alam.

Secara keseluruhan, situasi Kamtibmas di Provinsi Gorontalo berjalan baik, angka kriminalitas pada triwulan I 2021 ini jika dibandingkan dengan periode sebelumnya mengalami penurunan 45% dan masih di dominasi kejahatan konvensional, antara lain kasus penganiayaan, pencurian, penipuan dan penggelapan serta KDRT.

Selanjutnya untuk laka lantas juga mengalami penurunan 29%, sedangkan untuk pelanggaran lalu lintas terjadi kenaikan 65%.

Menyikapi hal ini, Kapolda Gorontalo menekankan kepada para Kapolres jajaran untuk lebih meningkatkan kegiatan deteksi dini dan patroli maupun kegiatan rutin yang ditingkatkan, serta mampu memaksimalkan sinergitas lintas instansi baik dengan TNI, Satpol PP maupun instansi lainnya.

Kapolda juga mengingatkan semua pihak untuk mewaspadai aksi dari oknum pelaku teror karena sasaran mereka masih ditujukan kepada rumah ibadah dan markas-markas Polri.

“Kita harus senantiasa meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan Sispam Mako sesuai SOP serta memberikan arahan kepada anggota guna meningkatkan moril dalam melaksanakan tugas,” tutur Akhmad. (awal-46)


Komentar