Antisipasi CJH Batal Berangkat, Kemenag Siapkan 39 Calon Haji Cadangan

RadarGorontalo.com – Gorontalo sudah ketambahan kuota calon jamaah haji, dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tercatat sebanyak 981 calon jamaah haji yang akan diberangkatkan tahun ini, dengan tiga kali pemberangkatan. Untuk tahun kemarin, jumlah jamaah haji sebanyak 714 dan tahun ini ketambahan kuota sebanyak 267 orang.

Sementara untuk mencegah ada kekosongan kursi, Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, sudah menyiapkan 39 orang cadangan. Hal itu dilakukan, karena ada yang melakukan penundaan pemberangkatan dan ada juga yang meninggal dunia. Itupun dari 39 cadangan, 9 orang sudah terpanggil dan sisanya tinggal 30 candangan.

Kabag Penyelenggaraan Jamaah Haji dan Umrah Kemenag Provinsi Gorontalo Misnawaty Nuna, menjelaskan dari total jumlah calon jamaah haji sudah terbagi di Kota Gorontalo 510 orang, Pohuwato sebanyak 60 orang, Boalemo 37, Pohuwato 60, Bonbol 117, Kabupaten Gorontalo 237 dan Gorontalo Utara 20 jamaah dengan total 991 ditambah 11 petugas.

Disamping itu juga kata Misnawaty, jumlah jamaah haji yang sudah lansia yang akan berangkat tahun ini, kurang lebih 25 orang dan tertua umur 82 tahun. “Kategori lansia di haji yaitu orang yang sudah umur 70 tahun keatas. Dan yang akan berangkat tahun ini, ada yang sudah umur 79, 81 dan 82 tahun. Jadi tertua umur 82 tahun sebanyak dua orang,” timpalnya. (rg-60)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.