oleh

Antisipasi Virus Corona Perbatasan Sulteng-Gorontalo Ditutup

-Pohuwato-411 Pengunjung

POHUWATO – RGOL.ID, Dampak penyebaran virus corona yang saat ini makin meluas tidak hanya berimbas pada pelarangan aktifitas yang mengumpulkan banyak orang, tetapi juga pada akses lintas perbatasan Kecamatan Popayato Barat, yang menghubungankan antara Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Gorontalo.

Pasalnya, pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (sulteng) mulai pukul 22.00 wita malam nanti, akan menutup lintas kendaraan bagi pengendara yang memasuki wilayah itu.

Mengetahui hal itu, Pemerintah Kabupaten Pohuwato bersama forum komunikasi pimpinan daerah, melakukan rapat bersama.

Hasilnya mereka sepakat untuk memberlakukan hal yang sama bagi pengendara dari sulawesi tengah yang akan memasuki wilayah Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

“Merespon adanya kebijakan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dimana pada malam ini sudah mulai diberlakukan kebijakan Gubernur diperbatasan Popayato Barat, Kendaraan yang masuk sulawesi Tengah pada 22.00 Wita tidak lagi di ijinkan melintas,” Ujar Bupati Syarif Mbuinga, Bersama Kapolres Pohuwato, Dandim 1313 dan sekda usai melakukan rapat bersama, Selasa (24/03) dirumah dinas Bupati.

Dengan adanya kebijakan tersebut terang Bupati, dirinya langsung melakukan koordinasi dengan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyampaikan akan memberlakukan hal yang sama bagi pengendara dari Sulawesi Tengah Ke Gorontalo.

“Pintu perbatasan yang ada di desa Molosifat itu juga akan kami lakukan penutupan untuk masuk kewilayah Pohuwato dan ini mulai efektif sejak 22.00 Wita, besok (25/03),” Terang Bupati.

Namun penutupan itu tegas Bupati hanya berlaku mulai pukul 22.00 wita dan dibuka kembali pada 06.00 wita.

Sehingga lintas trans Sulawesi tersebut tetap efektif digunakan mulai pukul 06.00 wita sampai 22.00 wita.

Langkah ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam upaya pencegahan Virus Corona.

Sementara itu Kapolres Pohuwato AKBP Teddy Rayendra, mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan pengendera diperbatasan karena tidak diperbolehkan untuk melintas, maka pihaknya akan menyiapkan tempat istirahat diperbatasan yang bisa dimanfaatkan oleh pengendara sembari menunggu waktu untuk melanjutkan perjalanan.

Hal yang sama juga disampaikan Dandim 1313 Pohuwato, Letkol ARM Iron Prasetyo .

Pihaknya juga akan membantu gugus tugas pemerintah daerah diwilayah perbatasan untuk mencegah penyebaran virua Corona.

Disamping itu, pihaknya bersama polri juga akan rutin melakukan himbaun kepada pemilik-pemilik tempat hiburan agar semetara tidak melakukan aktifitas yang menghadirkan banyak orang.

Bila hal itu tetap tidak diindahkan, maka pihaknya tidak akan segan-segan untuk bertindak tegas. (Najid)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.