oleh

Apakah RH Sukses Sebagai Gubernur

GORONTALO (RGOL.ID) – Sebagai seorang politisi’ semua orang mengakui kalau dia sangat sukses’ tetapi bagaimana dengan tugas-tugasnya sebagai Gubernur?

Kita lihat dari sektor pertanian. Boleh jadi karena masa kecilnya dihabiskan di daerah pertanian, itulah yang membuat Gubernur Gorontalo dua periode ini suka berpetualang di areal-areal pertanian.

Kata Kadis Pertanian Gorontalo, kalau RH sangat dekat dengan petani, makanya dia tahu persis persoalan di kalangan petani. Inilah istimewanya Rusli Habibie dan lebih dari itu,  Gubernur Gorontalo ini bukan sekedar konseptor tetapi juga eksekutor.

Jadi semua program yang dicanangkannya terus dia kawal sampai terlaksana. “dia terus mengawasi dan mengevaluasi progres dari pelaksanaan program tersebut, dan dia ingin semua selesai lebih cepat,” ujarnya.

Ditanya apakah ada kemajuan yang pesat dalam pertanian selama Rusli Habibie jadi Gubernur? Mulyadi mengerutkan kening lalu dengan tersenyum tipis mengatakan bahwa banyak kemajuan yang diraih Gorontalo di bidang pertanian.

Setidaknya tak ada rapor merah, semua indikasi bagus, jumlah areal pertanian  bertambah, jumlah produksi baik itu padi maupun jagung semuanya naik.

Sementara hasil produksi jagung juga naik pesat sampai-sampai Presiden Jokowi berkenan panen jagung di Gorontalo.

Dan belum lama ini, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menghadiri pengiriman jagung ke Jawa disaat Indonesia mengalami kekurangan stok jagung.

Lalu bagaimana dengan infrastruktur seperti pembangunan bendungan dan irigasi. Kini Gorontalo juga sudah punya penangkar benih.

“Selama ini petani kita sudah kapok  karena selalu tertipu membeli benih dari luar dan sekarang sudah punya penangkar benih sendiri, sehingga Gorontalo sudah swasembada bibit,” tambahnya.

Satu hal lagi kata Kadis, semula produksi jagung Gorontalo hanya 60 ton, tapi di era Gubernur  RH naik tajam menjadi 1’8 juta ton. Demikian juga dengan nilai tukar petani yang sekarang ini sudah di atas 100 juta. (LaAwal-46)


Komentar