oleh

Artikel Dosen UG Tembus Jurnal Internasional Terindeks Scoupus

-Pendidikan-305 Pengunjung

RGOL.ID, Gorontalo – Salah seorang dosen Universitas Gorontalo berhasil lolos seleksi artikelnya pada jurnal internasional bereputasi tahun 2019.

Dosen tersebut bernama Nancy Kiayi dengan judul artikelnya Antioxidant, Nutrition, and Crystallinity Properties From Three Kind of Glutinous Rice of Enrekang Regency, Sout Sulawesi Indonesia (Sifat Antioksidan, Nutrisi, dan Kristalinitas Dari Tiga Jenis Beras Ketan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan Indonesia).

Untuk bisa tembus ke jurnal internasional ini, Nancy membutuhkan waktu yang lumayan lama. Setelah disubmit pada bulan Maret 2019, barulah pada Agustus 2019 kemarin, artikel yang merupakan bagian dari disertasinya itu diterima dan terpublish di Jurnal Internasional terindeks scoupus.

Yakni, International Journal on Advanced Science Engineering and Information Technology (IJASEIT). “Kan Terindeks Scouput, jadi artikel yang saya submit ini masih harus diseleksi terlebih dahulu dan bersaing ratusan artikel atau paper para dosen atau pun peneliti dari 7 negara berbeda,” jelas Nancy.

Sehingga kata dosen Fakultas Pertanian UG ini, hal ini tidaklah mudah dan membutuhkan kesabaran. “Karena juga kan tulisan saya dianggap memenuhi syarat sesuai dengan skop bidang yang ada di jurnal tersebut, diantaranya pertanian, engineering, sosial.

Ada beberapa bidang disitu, jadi saya coba masukan, alhamdulillah terterima, walaupun lumayan lama,” paparnya. Lebih lanjut kata Nancy, sebelum mengirimkan ke pengulas, artikelnya terlebih dahulu diperiksa untuk alat kesamaan / plagiarisme, oleh anggota tim editorial.

“Jadi, artikel yang diajukan ke IJASEIT harus memiliki tingkat kesamaan kurang dari 15%,” tandasnya. (RG-56)


Komentar