oleh

Awas, Kades Terpilih Bisa di Diskualifikasi

-Politik-1.364 Pengunjung

KABGOR – Komisi Pilkades sampai saat ini sudah menerima aduan beberapa pelanggaran Pilkades yang terjadi pada proses tersebut. Agustina Bilondatu salah satu komisioner komisi Pilkades menjelaskan. Pihaknya kini sudah menerima gugatan Pilkades, sebanyak 32 gugatan.

“Sampai hari ini sebanyak 32 gugatan pilkades yang masuk dimeja kami, ” Ujar Agustina. Dari jumlah ini, ada beragam persoalan yang tercatat. Apakah itu soal money politic, laporan LKPPD yang tak lengkap, hingga laporan soal netralitas pengawas Pilkades.

“Namun yang dominan soal politik uang atau money politic. Sekitar 10 lebih. LKPPD satu kasus, sisanya soal pengawas Pilkades, ” Ujar Agustina. Untuk menyelesaikannya kata Agustina, prosesnya nantinya akan dilalui melalui klarifikasi sebagian dan sebagian lewat proses persidangan.

Dengan mengundang semua pihak pihak terkait. “Dan kini sementara proses, karena proses yang kami berikan itu 3 hari, untuk ferivikasi berkas lebih dulu, nanti setelah kami ferivikasi masih ada yang belum lengkap, maka kita berikan kesempatan, sampai besok (hari ini), ” Paparnya.

Untuk menggugurkan diskualifikasi pemenang juga bisa mungkin terjadi. Namun jika semuanya mampu dibuktikan, ” Ya, itu bisa mungkin asal bukti bukti kuat, ” Tegasnya. (RG.53)


Komentar