oleh

Ayo Buruan! Prodi Psikologi UMGO Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Satu-Satunya di Gorontalo.

-Pendidikan-757 Pengunjung

KAMPUS (RGOL.ID) – Menurut data hasil penerimaan mahasiswa baru di sejumlah universitas di Indonesia, setiap tahun program studi (Prodi) psikologi menjadi salah satu prodi yang menarik banyak peminat.

Bahkan jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di prodi ini terus meningkat dari tahun ke tahun, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Lalu apa yang membuat prodi psikologi bisa memiliki peminat yang terus bertambah setiap tahun ?

Satu hal yang membuat peminat prodi ini terus bertambah adalah prospek karirnya yang sangat luas. Banyak yang beranggapan bahwa lulusan psikologi hanya bisa bekerja sebagai karyawan di bagian sumber daya manusia (SDM). Anggapan ini tidak salah, tetapi masih ada kesempatan kerja di bagian lain yang berhubungan dengan SDM, seperti di bagian pengembangan karyawan divisi learning and development, training, dan modul.

BROSUR program studi (Prodi) Psikologi, Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go).

Termasuk bagian yang bertanggungjawab dalam perekrutan karyawan, pengaturan keuangan dalam pengembangan SDM, manajemen administrasi karyawan dan berbagai urusan lain yang masih terkait dengan psikologi.

Seandainya setelah lulus kamu memilih tidak bekerja di bagian SDM pun tidak masalah, karena ada pilihan profesi lain yang masih berkaitan, misalnya psikolog, konselor, guru bimbingan konseling, dosen psikologi, pelatih pengembangan SDM, dan market research.

Di Gorontalo, satu-satunya kampus yang memiliki program studi ini hanya di Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go). Prodi ini bahkan sudah terakreditasi dengan predikat B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tunggu apa lagi, ayo jadi bagian dari mahasiswa psikolog, mumpung pendaftarannya masih dibuka.

Untuk jalur pendaftaran, prodi psikologi membuka dua (2) jalur seleksi mahasiswa baru (Maba) untuk tahun akademik 2021-2022. Yakni, seleksi penerimaan siswa berprestasi (SPSB) dan SMPB reguler.

Berkas pendaftaran, untuk SPSB pihak sekolah harus merekomendasikan maksimal 20 orang siswa berprestasi di bidang akademik dan non akademik (prestasi olahraga, seni dan budaya) untuk menjadi mahasiswa di prodi psikologi.

Setiap siswa yang masuk melalui jalur ini dibebaskan dari tes potensi akademik, biaya tes dan biaya pendaftaran. Sementara untuk SPMB reguler, diberi kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA untuk menjadi mahasiswa UM-Go melalui jalur tes lokal.

Syarat pendaftaran, diantaranya mengisi formulir pendaftaran online (http://pmb.umgo.ac.id) atau mengambil langsung formulir di kampus UM-Go, foto copy ijazah/surat keterangan lulus (SKTL) yang dilegalisir, pas foto 3×4 (4 lembar), foto copy KTP/SIM/Kartu Pelajar, dan membayar biaya registrasi Rp. 250.000.

Untuk biaya kuliah, SPP/Semester sebesar Rp. 2.000.000, P2KK atau Ospek sebesar Rp. 1.000.000, dan infaq pembangunan sebesar Rp. 3.500.000. Soal biaya ini, para calon mahasiswa tidak perlu khawatir, sebab di UM-Go setiap mahasiswa berpeluang memperoleh bantuan studi atas rekomendasi pimpinan.

Adapun beasiswa yang dimaksud adalah beasiswa belajar mahasiswa atau bidik misi, beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA) dan beasiswa yayasan dan persyarikatan Muhammadiyah.

Selain terakreditasi B, keunggulan dari prodi ini adalah lulusan prodi psikologi yang menghasilkan SDM yang profesional, mampu berkomunikasi secara efektif, menerapkan aspek Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, melakukan penelitian dan mengembangkan profesionalisme melalui belajar sepanjang hayat. (rg-63)


Komentar