oleh

Ayo Jaga Hidup Sehat Untuk Cegah Covid-19

Penulis: Awalludin

RGOL.ID, GORONTALO – Sampai saat ini, belum diketahui pasti kapan akan berakhirnya pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Sehingga itu, masyarakat diminta untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan, baik kebersihan lingkungan, kebersihan keluarga, kebersihan diri maupun kebersihan di lingkungan kantor.

Tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Apalagi belum adanya vaksin terhadap wabah ini, maka tentunya salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19, adalah dengan menjaga pola hidup yang sehat dengan menjaga lingkungan yang bersih.

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, menekankan pentingnya menjaga pola hidup bersih dalam era tatanan kehidupan baru. “pola hidup sehat, lingkungan bersih harus digenjot,” ujar Indra, Jumat (20/11/2020).

Pemerintah daerah sendiri tak henti-hentinya selalu mengingatkan dan mengedukasi masyarakat untuk senantiasa melakukan gaya hidup sehat dan bersih dalam melaksanakan berbagai aktifitas setiap harinya.

Selan itu, pemerintah juga secara rutin mensosialisasikan kepada masyarakat, pentingnya kedisiplinan terhadap Protokol Kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, rutin mencuci tangan, serta menjaga pola hidup yang sehat dan bersih.

Gaya hidup bersih dan sehat sangat efektif dalam pencegahan berbagai penyakit, termasuk Covid-19. Nah, untuk mencegah penyebaran Covid-19, maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Pertama, tetap memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah, karena masker memberikan perlindungan wajah dari masuknya virus corona.

Kedua, menjaga jarak, menghindari kerumunan orang, serta tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain. Ini juga bisa menghindarkan anda dari penyebaran virus corona.

Ketiga, tidak menyentuh benda-benda dengan telapak tangan, kalaupun harus memegang suatu benda, maka setelah menyentuh benda tersebut, wajib untuk mencuci tangan pada air mengalir dengan menggunakan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Keempat, istirahat yang cukup minimal 7 jam per hari. Tidur berfungsi meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga daya tahan.

Kelima, olahraga rutin yang bisa dilakukan dibawah matahari pagi untuk meningkatkan asupan vitamin D yang bisa meningkatkan imunitas tubuh yang akan melawan berbagai macam penyakit yang masuk kedalam tubuh.

Keenam, mengkonsumsi makanan sehat, bergizi dan bernutrisi, terlebih makanan yang mengandung vitamin C, serta minum air putih 7 hingga 8 gelas setiap hari.

Dan terpenting adalah memenuhi kebutuhan vitamin harian dengan mengkonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C dan D, untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. (***)

Komentar