oleh

Azan Diminta Kembali Pimpin PPP Bonbol

-Bone Bolango, Politik-371 Pengunjung

Bone Bolango (RGOL) – Teman-temannya sesama Aleg menjulukinya Messi-nya Dekab Bonbol. Wakil Ketua Dekab Bonbol ini memang punya nama besar di tingkat Provinsi Gorontalo. Tak heran kalau dia dipercaya menjadi Ketua Presnas.

Di Bone Bolango sendiri, Azan adalah icon PPP, maka tak heran kalau kalangan PPP di Bone Bolango sangat memohon agar Azan mendapatkan perlakuan khusus dari DPP PPP, supaya Azan masih bisa memimpin DPC PPP Bone Bolango satu periode lagi.

Memang soal kepemimpinan Azan di PPP Bone Bolango masih multitafsir, ada yang bilang sudah dua periode, ada juga yang bilang belum dua periode. Namun demikian, mau dua periode atau belum dua periode, yang jelas PPP masih sangat membutuhkn Azan untuk memimpin PPP di Pileg 2024 mendatang.

Soal periode kepemimpinan Azan di PPP Bone Bolango, politisi PPP, Yanto Ahmad membantah isu-isu bahwa Azan tak bisa lagi maju di Muscab PPP karena sudah dua periode. “pak Azan itu belum dua periode memimpin PPP Bone Bolango, makanya pada Muscab bulan depan ini, pak Azan masih bisa maju untuk memimpin PPP periode selanjutnya,” kata bendahara DPC PPP Bone Bolango ini.

Yanto menjelaskan bahwa pada saat memimpin PPP periode 2010-2015, Azan tidak menghabiskan penuh masa kepemimpinannya, karena saat itu, Azan maju di Pilkada Bone Bolango. Bukti lain kata Yanto, pada Pilkada 2015 itu, PPP tidak mengusung Azan, PPP mengusung pasangan Inrawanto Hasan-Ahmad Tahidji (Amanah) yang SK dukungan PPP Bone Bolango ditandatangani Ketua yang baru.

“artinya untuk periode pertama saja, kepemimpinan Azan belum bisa dihitung satu periode,” ujarnya. Kemudian untuk periode kedua ini, Yanto mengaku lagi-lagi kepemimpinan Azan di PPP Bone Bolango belum selesai, karena dalam SK Kepengurusan itu, periodenya 2017-2022, sementara belum selesai periodenya, sudah akan digelar lagi Muscab bulan depan, September 2021.

“kalau hitungan normatifnya, lagi-lagi untuk periode kali ini, kepemimpinan Azan di PPP Bone Bolango itu belum cukup dikatakan satu periode,” ungkap Yanto. Sehingga itu, Yanto berharap janganlah prestasi yang selama ini sudah diberikan Azan kepada PPP kemudian dirusak dengan isu-isu dua periode.

“kalau ditanyakan kepada pengurus kecamatan, pengurus desa, maupun kader-kader PPP, jangan dua periode, lima periode pun mereka siap mendukung pak Azan,” tegas Yanto. Demikian pula soal diskresi, memang diskresi ini diatur dalam Anggaran Dasar yang disahkan lewat Mukhtamar. Dimana diskresi itu diberikan kepada Ketua-Ketua yang berprestasi.

Nah, Kalaupun nanti ada penilaian bahwa Azan sudah dua periode dan butuh diskresi. Maka sudah pasti seluruh pengurus dan kader-kader PPP di Bone Bolango akan bersatu dan bersama-sama mengajukan permohonan kepada DPP PPP agar memberikan diskresi kepada Azan.

“kami banyak kader, tapi PPP Bone Bolango butuh kepemimpinan pak Azan yang punya prestasi terbaik dan nyata hasilnya,” papar Yanto. Apalagi menghadapi Pemilu 2024 mendatang, PPP benar-benar sangat membutuhkan kepemimpinan tokoh-tokoh berpengalaman seperti Azan Piola.

Senada dengan Yanto Ahmad, politisi senior PPP, Anis Pikoli mengakui kalau Azan Piola masih kuat diaspirasikan pengurus dan seluruh kader untuk memimpin PPP Bone Bolango periode berikutnya. “hampir semua kader menginginkan Azan memimpin PPP Bone Bolango,” ungkapnya. Kenapa harus Azan?

Menurut Anis, Azan Piola itu sangat berpengalaman di Politik, matang di PPP dan prestasinya luar biasa. Bahkan diakui Anis, Azan adalah pencetak sejarah pertama kalinya PPP di Gorontalo memenangkan Pileg dan menempatkan kadernya duduk di Kursi Ketua DPRD.

“prestasi itu ada di PPP Bone Bolango dibawah kepemimpinan Azan Piola, tentunya masih banyak prestasi-prestasi lainnya,” tegas Anis. Sehingga itu, mantan Ketua DPC PPP Bone Bolango ini menegaskan, untuk menghadapi Pilkada 2024 nanti, maka PPP Bone Bolango harus dipimpin Azan Piola. Anis juga mengakui belum ada sosok lain yang bisa menyamai kepemimpinan Azan yang sudah banyak membawa kesuksesan besar bagi PPP (awal)


Komentar