Bahas Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024,
Polda dan Korem 133/NWB Gelar FGD

Image

RGOL.ID, GORONTALO – Kepolisian Daerah Gorontalo bersama Komando Resort Militer 133 Nani Wartabone menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang diikuti oleh seluruh Perwira TNI dan Polri Gorontalo di Gedung GPCC Kota Gorontalo.

FGD kali ini membahas tema ‘TNI-Polri siap mengawal tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 serta mengamankan agenda nasional 2023 dalam rangka mendukung peningkatan produktifitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan’.

Selain Kapolda Gorontalo, Irjen Pol. Helmy Santika, bersama Danrem 133/NWB, Brigjen TNI Totok Sulistyono, pemateri FGD juga menghadirkan Ketua KPU, Bawaslu, Kakanwil Kemenag, Kepala Badan Pusat Statistik, BKKBN, BAPPEDA, Dinas Perindag dan BPBD Provinsi.

Danrem 133/NWB, Brigjen TNI Totok Sulistyono, menjelaskan kegiatan FGD ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Rapim TNI – Polri dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk upaya memperkokoh jalinan silaturahmi dalam menjaga, merawat, dan memelihara sinergitas TNI-Polri khususnya di Provinsi Gorontalo.

Totok juga menegaskan tentang peran TNI dalam Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

“TNI bersikap netral, TNI membantu pemerintah dan Polri kemudian secara internal TNI melakukan upaya memberikan keteladanan, serta TNI akan melakukan pemetaan daerah rawan konflik, perbantuan distribusi logistik pemilu,optimalisasi peran Satkorwil serta memaksimalkan perbantuan pengamanan Pemilu,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Helmy Santika menyampaikan beberapa hal tentang arahan Presiden RI, seperti soal pengendalian inflasi, menurunkan kemiskinan ekstrem, fokus menurunkan stunting, perhatian terhadap investasi, jaga stabilitas politik dan keamanan menuju Pemilu 2024 dan lain sebagainya.

Selanjutnya soal Pemilu 2024, Helmy mengaku pihaknya mempersiapkan pengamanan secara mandiri, sehingga TNI dan Polri Gorontalo harus bersinergi mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 di Provinsi Gorontalo agar aman, lancar dan kondusif, untuk Polri sendiri sudah menyiapkan strategi mulai dari Preemtif, Preventif dan Represif,” jelasnya.

Selain itu, Kapolda Helmy juga menegaskan tentang netralitas anggota Polri dalam Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

“soal netralitas Polri dalam Pemilu 2024, aturan sudah jelas dan tegas bahwa Polri bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis, anggota Polri tidak menggunakan hak memilih dan dipilih,” tegasnya. (LaAwal-46)

Bagikan berita

Tinggalkan Komentar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

mUNGKIN ANDA LEWATKAN

Hukuman Kebiri Bikin Tubuh Rusak
Hukuman Kebiri Bikin Tubuh Rusak
May 28, 20163 min baca
Ini Dia Identitas Pelaku Bom…
Ini Dia Identitas Pelaku Bom…
Nov 13, 20192 min baca
Nyalip Truk, Siswa SMP Tewas…
Nyalip Truk, Siswa SMP Tewas…
May 28, 20182 min baca