Bahas Royalti Pertambangan, Tim Banggar Deprov Merapat Ke Dirjen Minerba

®Reporter : Jazzday 

 RGOL.ID (DEPROV) – Tim Banggar DPRD Provinsi Gorontalo merasa perlu menata kembali pengelolaan keuangan daerah dan kerjasama royalti bersama perusahaan perusahaan tambang di Provinsi Gorontalo.

Sehingganya pada hari Kamis, (28 /03/2024) Tim Banggar DPRD Provinsi Gorontalo berkunjung ke  Kantor Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), di Jakarta Selatan.

Pada kesempatan itu Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Kris Wartabone menjelaskan kedatangan Tim Badan Anggaran hanya mengkonfirmasi terkait Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan royalti perusahaan-perusahaan yang tengah beroperasi di Provinsi Gorontalo, seperti Gorontalo Mineral (GM) dan GSM.

“Hari ini Banggar Deprov berkunjung ke Dirjen Minerba untuk berkonsultasi guna membahas kepentingan Provinsi Gorontalo”, Kata Kris.

Lebih lanjut Politisi PDIP tersebut menyampaikan konsultasi tersebut untuk menanyakan berapa nominal yang masuk ke Daerah Provinsi Gorontalo.

“Tadi kami sudah membahasnya dengan pihak Dirjen Mineral, terkait royalti Provinsi Gorontalo terhadap perusahaan tambang yang beroperasi”, Katanya.

Pasalnya Tim Banggar juga ingin mengkonfirmasi karena adanya informasi dari Kementerian ESDM bahwa pada akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025, perusahaan-perusahaan yang dimaksud akan memulai produksinya.

“Sehingganya ini sangat penting, karena ini menyangkut penerimaan Provinsi Gorontalo, alhamdulillah semua sudah kami diskusikan, sisa menunggu hasilnya”, Tandasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.