oleh

Baku Baku Sayang Jo, Berenti Jo Baku Cungkel

-Headline-451 Pengunjung

Gorontalo (RGOL) – Bisa apa kalau tak punya kekuatan di Pusat. Gorontalo juga bisa apa kalau ada tapi tidak ada. Artinya kata Adhiyaksa Daut, para tokoh ini berwujud kalau ada acara-acara seperti Silatnas ini, setelah itu, semuanya raib.

“kita harus kompak, harus saling mendukung,” kata mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini.

Artinya jangan merentangkan tali sandungan untuk saling menjungkalkan. Baku-baku sayang supaya semua maju. Makanya kata Putra Suwawa ini, Gorontalo jangan berharap banyak untuk bisa maju kalau tidak baku-baku sayang dan punya kekuatan di pusat.

“Gorontalo bisa maju kalau Presidennya orang Gorontalo,” kilahnya. Kalau Gorontalo punya kekuatan besar di Pusat, maka anggaran pasti akan besar ke Gorontalo. Makanya Gorontalo harus mampu melahirkan orang-orang hebat di Pusat.

“Gorontalo Emas tidak terpisahkan dengan Indonesia emas, kalau kita tak ingin hanya jadi penonton, maka putra Gorontalo harus banyak yang jadi orang penting di pusat,” tandasnya. “oh ya, selama menjadi Menteri, saya tidak bikin malu Gorontalo, saya selamat, tantangan dan hambatan, Hambalang semua lewat,” kilahnya.

Adhiyaksa kemudian memuji Nelson Pomalingo yang menurut dia teman diskusi hebat. Alhamdulillah sekarang sudah jadi Bupati, nanti tiba-tiba sudah jadi Gubernur. Sama menariknya adalah dengan apa yang disampaikan oleh Dr. Ir. Fadli Tantu dari Universitas Tadulako, Palu.

Dia mengingatkan Gorontalo Emas bukan hanya untuk menciptakan pemimpin-pemimpin Gorontalo. Baru bisa dikatakan emas kalau Gorontalo bisa melahirkan pemimpin-pemimpin nasional.

Untuk itu, Gorontalo harus mengirim putra-putra Gorontalo untuk belajar di luar negeri, belajar tekhnologi, dari sana akan lahir generasi emas seperti B.J. Habibie.

Ingat, Gorontalo ini sangat sempit, dan nanti kalau jumlah penduduk bertambah, maka akan menjadi berat. Gorontalo tidak bisa mengandalkan SDA, tetapi adalah SDM, maka pengembangan SDM ini yang harus menjadi perhatian serius Gorontalo.

Gorontalo emas adalah melahirkan generasi emas yang bisa menjadi pemimpin-pemimpin di Republik ini dan dari mereka-mereka ini Gorontalo akan mendapatkan manfaat besar. (awal-45)


Komentar