abd karim aljufrie

Bangga! Mahasiswa Sastra Arab UMGO Sabet 2 Juara Menulis Tingkat Nasional

Image

RGOL.ID – Mahasiswi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), Eka Sandri Yusuf memperoleh dua juara dalam lomba menulis tingkat nasional yakni, juara 3 pada lomba karya tulis yang dilaksanakan oleh Dewan Pers Nasional dan juara 2 pada perlombaan penulisan esai yang dilaksanakan oleh Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero.

Pelaksanaan lomba menulis ini merupakan rangkaian kegiatan Festival Kreatif Mahasiswa, dalam momentum Acara Anugrah Dewan Pers yang merupakan ajang yang bertujuan memberikan apresiasi kepada insan pers yang telah berkarya dan memberikan kontribusi bagi jurnalisme berkualitas dan kemerdekaan pers.

Festival Kreatif Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dewan Pers mengajak para mahasiswa untuk membuat konten tentang dunia jurnalistik terbaik di media sosial.

“Festival Kreatif Mahasiswa kami selenggarakan untuk mencari bibit-bibit unggul di bidang jurnalistik agar dunia pers berkualitas bisa dilestarikan di masa depan,” kata Ketua Panitia Anugerah Dewan Pers 2022, Asmono Wikan.

Pemenang lainnya dalam ajang Festival Kreatif Mahasiswa yang dilaksanakan oleh Dewan Pers ini diantaranya adalah M. Kholilur Rohman dari UIN Malik Ibrahim Malang (juara I), Irmalasari dari Universitas Hasanuddin Makassar (juara II), dan Eka Sandri Yusuf sendiri dari Universitas Muhammadiyah Gorontalo mendapatkan juara III, sedangkan Andini Pradya Savitri dari Institut Seni Indonesia Solo dan MR Firmansyah dari UPN Veteran Yogyakarta sebagai juara favorit.

Eka sandri yusuf, mahasiswi semester 7 Prodi Sastra Arab ini mengikuti Festival Kreatif Mahasiswa 2022 yang diadakan oleh Dewan Pers dengan menyajikan karya tulis feature berjudul “Suara Rakyat Diambang Jerit, Keinginan Menjadi Jurnalis mulai Melangit”. Tulisan inilah yang membuat eka berhasil mendapatkan apresiasi dari Dewan Pers sebagai Juara 3 pada kategori tulisan.

Tidak hanya itu, pada perlombaan lainnya yang dilaksanakan oleh Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero eka juga menyabet juara 2. Adapun tema dari lomba yang dilaksanakan adalah “Indonesia Dan Tantangan Resesi Ekonomi”. Para pemenang lainnya dalam perlombaan ini adalah Florianus Atu dari IFTK Ledalero Sebagai Juara 1, Juara 2 adalah eka sandri yusuf dari universitas muhammadiyah gorontalo sendiri, dan juara 3 yaitu Regina Setiawan Claudia dari Universitas Gadjah Mada.

“Semoga prestasi yang saya dapatkan ini dapat menginspirasi para mahasiswa lainnya, terutama mahasiswa UMGO untuk memaknai gelar ummat terbaik yang disematkan pada kita sebagai ummat islam, yang hal ini juga sejalan dengan salah satu misi dari kampus UMGO itu sendiri yaitu Menguatkan Karakter Civitas Kampus  yang Berbasis Nilai-Nilai Al-Islam dan kemuhammadiyaan,” jelasnya.

Terakhir, ia berpesan kepada teman-teman mahasiswa lainnya meski berada dalam kesibukan dunia perkuliahan, jangan sampai ilmu yang didapatkan selama kuliah hanya berdiam seperti buku yang menetap diperpustakaan.

“Pastikan ilmu kita bermanfaat dan dapat disalurkan kepada hal-hal yang dapat membangun diri dan sekitar. Jangan belajar hanya sekedar sebagai penggugur kewajiban,” Tutupnya.(Hms)

Bagikan berita

Tinggalkan Komentar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

mUNGKIN ANDA LEWATKAN