oleh

Bantuan Kapal untuk Nelayan Gorontalo, Terbanyak

Menteri KP didampingi Wagub, bersama penerima bantuan dari kementrian KP senilai Rp 3,8 miliar
Menteri KP didampingi Wagub, bersama penerima bantuan dari kementrian KP senilai Rp 3,8 miliar

GORONTALO (RadarGorontalo.com) – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, dalam kunjungan kerjanya selama dua hari di Provinsi Gorontalo, menyerahkan bantuan senilai 3,827 miliar rupiah.

Penyerahan bantuan dilaksanakan disela-sela silaturrahim dan tatap muka bersama masyarakat di pelabuhan perikanan Inengo Kabupaten Bone Bolango, Sabtu (14/5).

Untuk tahun 2016 ini, Susi mengungkapkan, Provinsi Gorontalo akan memperoleh alokasi bantuan kapal sebanyak 214 unit dari total 3.500 kapal yang dibuat oleh KKP tahun ini.

“Tadi pak Wagub sudah menyampaikan kalau bisa dibulatkan menjadi 250 kapal, mudah-mudahan bisa kita realisasikan,” ujar Susi yang disambut tepuk tangan meriah seluruh masyarakat yang hadir pada kegiatan itu.

Susi menambahkan, untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, sejak November 2014 pihaknya sudah membuat edaran untuk kapal-kapal dibawah 10 GT tidak perlu lagi membuat izin-izin, tetapi harus tetap terdaftar.

Hasil tangkapan kapal-kapal itu harus masuk ke TPI, karena pemerintah harus tahu berapa jumlah tangkapannya dan siapa yang pembelinya. “Kita kasih keringanan, tetapi harus tetap lapor,” terangnya.

Sementara itu Wagub Idris Rahim dalam laporannya menuturkan, sektor kelautan dan perikanan menjadi salah satu sektor yang diharapkan mampu memberi kontribusi besar terhadap peningkatan ekonomi kerakyatan yang merupakan program unggulan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Untuk mencapai hal itu, pemerintah memberikan support dan dukungan melalui alokasi anggaran baik APBN maupun APBD yang cukup besar, dimana pada selang tahun 2012 sampai 2016 mencapai 237,7 miliar rupiah atau meningkat 66 persen dari anggaran lima tahun sebelumnya.

Anggaran tersebut, 70 persen dialokasikan langsung untuk belanja langsung ke masyarakat nelayan. “Langkah itu berhasil, terbukti produksi perikanan tangkap pada tahun 2015 mencapai 105.715 ton, meningkat 2,62 persen dari tahun 2014,” jelas Idris.

Dari sisi kesejahteraan, lanjut Idris, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah melaksanakan program pengembangan desa nelayan tangguh sejumlah 42 desa, menyalurkan bantuan kapal Inka Mina dan Mina Maritim yang sampai tahun ini sudah mencapai 50 unit, pembangunan 13 TPI dan 4 pelabuhan perikanan, serta 1 pelabuhan nusantara.

Untuk program budidaya, Pemerintah Provinsi Gorontalo mengembangkan budidaya ikan air laut, tawar, dan payau.

“Pemerintah dan masyarakat Provinsi Gorontalo, ibu Menteri bisa memberikan perhatian dengan menambahkan alokasi anggaran KKP ke Provinsi Gorontalo,” pungkas Idris. (RG-25)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar