oleh

Bapaslon Klaim Lolos Verfak, Rinto W Ali : Hasil Dari Penyelenggara Belum Ada

-Pohuwato-252 Pengunjung

POHUWATO (RGOL)- Tahapan verifikasi faktual (Verfak) dukungan perbaikan bakal pasangan calon (Bapaslon) perorangan pada pemilihan kepala daerah Kabupaten Pohuwato tahun 2020 hingga saat ini masih dilakukan. Tahapan tersebut oleh KPU Pohuwato akan dilakukan sampai 16 Agustus 2020 mendatang.

Meskipun tahapan tersebut masih berjalan, namun belakangan telah ada bapaslon yang mengklaim lolos pada tahapan verifikasi faktual itu. Menanggapi hal ini, Ketua KPU Pohuwato Rinto W. Ali mengatakan bahwa hal tersebut bukanlah masalah.

Yang jelas tegas Rinto pihaknya masih melakukan tahapan verifikasi faktual dan masing menunggu tim penghubung bapaslon mengumpulkan pendukung yang syarat dukungannya dimasukan kepada KPU, untuk selanjutnya dilakukan Verifikasi Faktual .

“Sampai dengan hari ini proses verifikasi faktual itu masih sementara berjalan, Ini akan dilakukan sampai 16 Agustus dan kita masih akan menunggu proses verifikasi sampai selesai,” Terang Rinto, Kamis (13/08) saat ditemui diruang kerjanya

Setelah tahapan verifikasi selesai lanjut Rinto, mulai 17 -19 Agustus KPU akan melakukan rakapitulasi di tingkat kecamatan yang selanjutnya akan dilakukan ditingkat Kabupaten pada 20 – 21 Agustus. ” Setelah itu nanti kita akan ketahui bagaimana hasil akhirnya. Terkait klaim itu kembali lagi ke Bapaslonnya, kalau dari kita sebagai penyelanggara yang kita tegaskan adalah kita masih melakukan tahapan Verifikasi,” Terangnya lagi

Pada tanggal 20-21 Agustus nanti kata Rinto akan ada putusan terkait Bapaslon mana yang memnuhi syarat dukungan dan Bapaslon mana yang tidak memenuhi syarat dukungan.

Kalaupun ada klaim dari Bapaslon ungkap Rinto, semua dikembalikan kepada Bapaslon masing-masing. Klaim ini menurut Rinto bisa saja terjadi, lantaran dalam proses verifikasi faktual yang dilakukan, pihak KPU hanya melakukan verifikasi terhadap pendukung yang dikumpulkan oleh masing-masing tim penghubung.

” Sehingga mereka bisa mengetahui karena mereka yang mengumpulkan. Tapi hasil dari penyelanggara itu belum ada,” Jelas Rinto. (Tr-13)


Komentar