oleh

Bawaslu Minta Seluruh Stake Holder Ikut Mengawasi Pelaksanaan Pemilu

Kota Gorontalo (rgol.id) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Gorontalo menggelar Sosialisasi Peraturan Bawaslu nomor 5 tahun 2022 tentang Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu 2024 di Hotel Damhil UNG Kota Gorontalo, Senin (14/11) kemarin. Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo, Idris Usuli pada kesempatan itu mengungkapkan bahwa strategi pengawasan yang dilakukan Bawaslu pada tahapan Pemilu 2024 berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya.

Dimana pada tahapan Pemilu tahun 2024 ini, Bawaslu akan lebih mengedepankan pencegahan, sehingga dalam proses pengawasannya sudah mengkolaborasikan fungsi pencegahan dan penindakan secara sekaligus.Untuk itu, Idris mengajak seluruh lapisan, termasuk di dalamnya Organisasi masyarakat, Pemantau Pemilu, Kesbangpol Provinsi dan Insan Media untuk bersama Bawaslu mengawal pesta Demokrasi.

Sementara itu, anggota Bawaslu, Ahmad Abdulah dalam penyampaian materi tentang tata laksana dan ruang lingkup pengawasan penyelenggaraan pemilu, mengharapkan agar seluruh stake holder berperan penuh pada pengawasan pelaksanaan pemilu 2024 nanti.

Dimana pengawasan tidak hanya tugas Bawaslu saja, akan tetapi juga menjadi tanggungjawab seluruh unsur masyarakat demi terciptanya pemilu yang jujur dan adil. Senada dengan itu, anggota KPU Provinsi Gorontalo, Hendrik Imran dalam materinya menjelaskan tentang tahapan-tahapan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 nanti, antaranya teknis dan tantangan penyelenggaraan pemilu. (RG-25)


Jangan Lewatkan

Komentar