oleh

Berburu Pertalite, Banyak Yang Tak hafal Proklamasi

Seorang Siswa Sedang Mneghafal Naskah Proklamasi
Seorang Siswa Sedang Menghafal Naskah Proklamasi

RadarGorontalo.com – Pertamina sudah mengumumkan akan menggratiskan beberapa liter BBM jenis Pertalite, bagi yang hafal teks proklamasi dan Pembukaan UUD 1945, tepat di hari kemerdekaan, (17/8). Banyak yang tertarik, mulai dari para siswa hingga PNS pun ikut berburu pertalite gratis ini. Lucunya, ada yang ingin pertalite gratisan tapi tak hafal  proklamasi.

Seperti SPBU yang ada di bundaran Saronde Jalan Nani Wartabone Kota Gorontalo. Dari pantauan Radar Gorontalo, ternyata banyak yang tidak hafal naskah proklamasi kemerdekaan RI. Dan yang bisa menghafal dua naskah kemerdekaan itu, rata-rata hanya dari kalangan guru-guru dan siswa SMA, yang ditemui ketika mengisi bahan bakar di SPBU itu.

Seperti Nurhayati Rokhani salah satu guru di SD yang ada di Kota Gorontalo, yang keget ketika diminta petugas SPBU untuk menghafalkan naskah Proklamasi. Dengan bonus satu liter pertalite, yang diberikan secara gratis oleh PT. Pertamina. Kata Nurhayati, dirinya sempat kaget, namun ketika memperhatikan kostum yang dikenakan petugas SPBU itu, adalah seragam perjuangan seperti dinas aparat bersenjata. Maka tanpa ragu-ragu, Narhayati melafalkan naskah Proklamasi dihadapan petugas SPBU sampai selesai, sehingga dirinya mendapatkan bonus satu liter pertalite dari SPBU. “sempat kaget awalnya, namun karena saya pikir ini adalah momentnya, maka saya melafalkan naskah proklamasi dihadapan petugas SPBU,”terang Nurhayati.

Seorang Ibu sedang menghafal naskah Proklamasi

 Kemudian Dimas merupakan bagian marketing dari SPBU itu menambahkan, program gratis ini sengaja diberikan PT Pertamina, guna menanamkan rasa nasionalisme terhadap masyarakat. Karena menurutnya, di era yang makin canggih seperti ini, masih banyak yang tidak menghafal dan tidak mengetahui naskah proklamasi dan pembukaan UUD 1945. Sehingga menurutnya, program seperti ini perlu untuk dilaksanakan Pertamina, agar masyarakat bukan hanya paham. Tapi mampu memaknai HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 71 ini. “Terutama hal ini, sangat penting bagi semua masyarakat Indonesia khususnya Gorontalo. biar membangkitkan lagi rasa nasionalisme,” ungkapnya.

Kendati demikian, tak semua SPBU menerapkan hal serupa. Walaupun sudah diumumkan pertamina, tapi sebagian besar SPBU tetap menarik bayaran. (rg-62)


Jangan Lewatkan

Komentar