oleh

Bertahan Atau Pindah Demi NKRI

Idris Rahim
Idris Rahim

RadarGorontalo.com – Kalau mau jujur, DPP PAN tak ada alasan untuk tidak merekomendasikan Idris Rahim. Ini karena selain dia adalah Ketua DPW PAN, hasil surveinya sangat bagus. Namun apa boleh buat, ini politik, bukan dibirokrasi begitu sudah lengkap administrasi, maka selesai sudah urusan.

Bocoran yang diperoleh Radar Gorontalo, DPP PAN akan segera beri rekomendasi Cagub ke Zainudin Hasan. Informasi ini juga sudah ramai diperbincangkan oleh kader-kader PAN Gorontalo. Memang ada yang pro, tapi tak sedikit juga yang kecewa dengan putusan DPP tersebut. Tapi apa boleh buat, itu sudah menjadi keputusan DPP PAN.

Kendati demikian, sejumlah pengamat politik beranggapan, ada untung ruginya juga SK PAN tidak ke Idris Rahim. Ruginya, PAN akan terbelah-belah di Pilgub dan pasti akan berdampak ke daerah bahkan kemungkinan hingga ke Pileg 2019 mendatang. Tapi ini ada untungnya. Kalau benar, PPP mengandalkan survei untuk usung Cagub, maka bisa jadi yang diusung adalah Rusli Habibie. Nah, bagaimana dengan PDIP?. Sejak awal sampai sekarang, partai penguasa itu ngotot usung kader sendiri. Ini bisa jadi moment bagi Idris, tapi memang harus ada pengorbanan. Idris, bisa saja menanggalkan atribut PAN. Bila itu terjadi, bukan tidak mungkin kesempatan tersebut akan ditangkap oleh PDIP.

Ditempat terpisah, La Ode Haimudin tetap kukuh pada pendirian kalau PDIP hanya akan usung kader. “Bisa dukung pak Rusli, asal wakilnya PDIP,” ungkapnya. Pernyataan ini, sebenarnya menjadi lampu hijau bagi Idris Rahim. Kalau memang Idris serius dengan PDIP, maka harus segera bersikap. Toh, hanya ada dua pilihan. bertahan di PAN dengan catatan memenangkan Zainudin Hasan, atau keluar dari PAN kemudian berlabuh ke PDIP. Tentu pilihan politik ini ada di tangan Idris Rahim.

RONI IMRAN TETAP PASANG BADAN

Apapun yang terjadi, Matahari (PAN) terbelah atau tidak lagi menyinari bumi Hulondhalo, Roni Imran tetap pasang badan untuk Idris Rahim. Menurut dia, sikapnya ini bukan bentuk perlawanan atau penghianatan terhadap partai, namun sebaliknya, adalah pembuktian kesetiaanya terhadap partai, terlebih terhadap Ketua DPW PAN Idris Rahim. Wabup Gorut itu menjelaskan, kalau memang Idris tidak memenuhi syarat, dia pasti tidak akan ngotot. “Saya tetap pasang badan untuk pak Idris, karena setahu saya hingga detik ini pak Idris adalah ketua DPW PAN,” jelas Roni singkat. Namun hingga tadi malam, pihaknya tetap optimis DPP PAN tetap akan merekomendasikan Idris Rahim sebagai calon wakil gubernur mendampingi Rusli Habibie, di periode ke 2 ini. (rg-50)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar