oleh

Besok KPU Pohuwato Mulai Terima Perbaikan Dukungan

-Politik-180 Pengunjung

POHUWATO (RGOL.ID)- Langkah yang ditempuh tiga bakal pasangan calon Bupati dan wakil Bupati melalui jalur perorangan untuk menjadi kontestan pada Pilkada Pohuwato 2020 sangatlah tidak mudah. Sebab sebelum ditetapkan sebagai calon, bakal pasangan ini terlebih dahulu harus memenuhi syarat minimal dukungan sebaran.

Sementara berdasarkan rapat pleno pada 21 juli kemarin, Komisi pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengumumkan hasil verifikasi faktual terhadap syarat dukungan yang dimasukan tiga bakal pasangan calon kepada KPU, dinyatakan tidak memenuhi syarat dukungan minimal 10 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT) yakni 9.984 dukungan.

Seperti diketahui setelah dilakukan verifikasi faktual dukungan bakal pasangan Hamdi Alamri- Zairi Maksud sebanyak 9.083 dukungan disusul bakal pasangan Ibrahim Bouty- Miswar Yunus dengan hasil 7.803 dukungan. Sedangkan bakal pasangan Amin Haras-Zunaid Hasan hanya mencapai 4.993 dukungan.

Berdasarkan hasil tersebut kata ketua KPU Pohuwato Rinto W. Ali, sesuai regulasi, KPU masih akan menunggu penyampaian dukungan perbaikan yang akan dimulai besok, 25 juli sampai 27 juli 2020.” Tanggal 25- 27 juli kita akan menunggu mereka akan menyampaikan dokumen perbaikan dengan ketentuan dua kali lipat dari dukungan yang kurang sebagai syarat minimal dukungan,” Terang Rinto, Kamis (23/07).

Bila dukungan perbaikan tersebut tidak terpenuhi sesuai ketentuan maka bisa dipastikan bakal pasangan yang tidak memenuhi sayarat perbaikan tersebut tidak akan dilanjutkan pada tahapan berikutnya. ”

Kita tidak bisa memprediksi lolos atau tidak, yang pasti ruang itu masih dibuka. Jadi kita tunggu tanggal 25-27 juli 2020,” Pungkasnya. (Tr-13)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.