abd karim aljufrie

BI Gorontalo Rilis Event Triwulan I Tahun 2023

Image

RGOL.ID, GORONTALO – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, merilis berbagai event yang akan dilaksanakan pada triwulan 1 tahun 2023 ini.

Selain untuk  peningkatan dan pengembangan UMKM Gorontalo, event-event ini juga untuk memberikan pelayanan terkait dengan perbankan kepada masyarakat Provinsi Gorontalo.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Dian Nugraha menyampaikan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo bersama Pemprov Gorontalo mendukung Gorontalo Day di acara  Indonesia Fashion Week (IFW) 2023 yang akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center tanggal 22 hingga 26 Februari 2023.

Dimana pada acara perhelatan event fesyen tahunan  terbesar itu, Pemprov Gorontalo dan BI Gorontalo memberikan support kepada UMKM perajin dan desainer karawo untuk dapat tampil melakukan fashion show dan showcase produk kain khas Gorontalo yaitu Kain Karawo dalam bentuk Modest, Ready to Wear, Accessories dan Wastra.

“tahun ini IFW mengangkat tema budaya Gorontalo, karena keunikan sulaman  karawo yang bernilai heritage dan good value product,” ungkap Dian Nugraha.

GEBYAR KURASI UMKM GORONTALO 2023
Selain IFW, Dian menjelaskan bahwa BI Gorontalo juga akan menggelar Gebyar Kurasi UMKM Provinsi Gorontalo 2023 dalam rangka mendorong pemetaan berbagai produk UMKM  Provinsi.

“untuk UMKM yang dinyatakan lolos kurasi, tentunya akan didorong dan difasilitasi pengembangan dan peningkatan akses pasar dengan diikutsertakan dalam program  pengembangan UMKM Bank Indonesia, seperti capacity building, business matching, perluasan akses pasar, showcasing, dan lain sebagainya,” ujar Dian.

Tapi lanjut Dian, bagi  UMKM yang tidak lolos kurasi jangan berkecil hati, karena akan mendapatkan pembinaan dan peningkatan produk.

Kapan gebyar kurasi UMKM digelar? Dian menyampaikan untuk tahap pendaftaran kurasi dilakukan secara online pada tanggal 27 Februari hingga 3 Maret 2023, dilanjutkan dengan pengumuman lolos seleksi administrasi tanggal 8 Maret 2023,  kemudian presentase dan wawancara tanggal 14-16 Maret 2023, dan terakhir pengumuman lolos kurasi tanggal 20 Maret 2023.

Bagi UMKM yang ingin ikut kurasi, tentunya harus  memenuhi beberapa persyaratan, yakni Warga Negara Indonesia, pendaftaran secara online, menjalankan usaha minimal 2 tahun, dan memiliki legalitas usaha.

Selain persyaratan, para pelaku UMKM yang ingin ikut gebyar kurasi ini juga harus memperhatikan kategori UMKM yang diikutkan pada gebyar kurasi tahun 2023 ini, dimana ada empat kategori UMKM,  yakni Industri Kreatif, Olahan Pangan, Pendukung Pariwisata, dan Kerajinan.

BANK INDONESIA GOES TO CAMPUS
Sementara itu, event lain yang akan dilaksanakan BI Gorontalo pada triwulan satu ini, yakni Bank Indonesia Goes To Kampus.

Dimana program ini kata Dian Nugraha, merupakan  kick Off seleksi penerimaan beasiswa Bank Indonesia yang di dalamnya terdapat rangkaian acara, seperti sosialisasi informasi beasiswa, edukasi dan literasi kebanksentralan,  penukaran uang, maupun donor darah.

Kegiatan Bank Indonesia Goes To Kampus akan dilaksanakan di Universitas Negeri Gorontalo, pada hari Kamis, 16 Februari 2023.

KAS KELILING BANK INDONESIA
Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin memperoleh uang Rupiah layak edar dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai, maka BI Gorontalo membuka layanan Kas Keliling.

Namun demikian, sebelum mendatangi layanan kas keliling, masyarakat diwajibkan untuk melakukan pendaftaran penukaran uang secara online melalui website pintar.bi.go.id.

Adapun jadwal penukaran uang melalui kas keliling Bank Indonesia yakni tanggal 2 Februari 2023 berlokasi di Pasar Tapa, Bone Bolango, dilanjutkan tanggal 9 Februari 2023 di Pasar Kamis Tilamuta, Boalemo, tanggal 13 Februari 2023 di Pasar Isimu, tanggal 16 Februari 2023 di kompleks Kampus UNG, tanggal 20 Februari 2023 di Menara Keagungan  Limboto, dan tanggal 23 Februari 2023, di Taman Telaga. (LaAwal-46)

Bagikan berita

Tinggalkan Komentar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

mUNGKIN ANDA LEWATKAN