oleh

BI Gorontalo Sukses Menyelenggarakan Festival Produk Halal Millenial

GORONTALO (RGOL.ID) – Provinsi Gorontalo terus mempersiapkan diri untuk menghadapi Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Kawasan Timur Indonesia yang akan digelar di Makassar, Sulawesi Selatan tahun 2022 ini.

Salah satu kesiapannya adalah dengan menyelenggarakan Festival Produk Halal Millenial Provinsi Gorontalo tahun 2022 yang merupakan hasil kerjasama antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo bersama Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Pemda Provinsi Gorontalo dan Kabupaten/Kota.

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Ippot Tapa, Kabupaten Bone Bolango ini resmi dimulai Sabtu (26/3/2022) dan berakhir hari ini, Senin (28/3/2022).

Selama tiga hari, pelaksanaan festival produk halal millenial Provinsi Gorontalo ini terbilang sangat sukses.

Hadir pada kegiatan itu, Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Ronny Widijarto Purubaskoro, para Bupati dan Walikota, pelaku usaha dan masyarakat.

Untuk menyemarakkan Festival Produk Halal Millenial ini, maka dilaksanakan berbagai ragam kegiatan, diantaranya kegiatan lomba wirausaha muda syariah, lomba tarian kreasi Islam, dan lomba nasyid.

Selain itu, ada juga kegiatan kurasi produk dari 165 UMKM dari enam kabupaten/kota dengan kategori food, fashion, craft berbasis ‘local economic development’.

Terakhir ada kegiatan pelatihan Sistem Jaminan Produk Halal kepada 100 UMKM binaan maupun mitra agar para UMKM di Gorontalo mampu membuat dan menerapkan sistem jaminan halal (SJH) serta memahami proses sertifikasi halal khusus untuk skala UMKM.

“Nantinya para pemenang dari lomba ini akan menjadi kandidat yang mewakili Provinsi Gorontalo di ajang perlombaan FESyar Kawasan Timur Indonesia di Makassar,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Ronny Widijarto Purubaskoro.

Ditambahkannya, festival produk halal millenial Provinsi Gorontalo ini merupakan ikhtiar dalam memajukan ekonomi syariah di Bumi Serambi Madinah, Provinsi Gorontalo.

Hal senada disampaikan Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo, Idris Rahim, yang sangat mengapresiasi dan mendukung penuh penyelenggaraan Festival Produk Halal Millenial 2022 di Provinsi Gorontalo.

“Kegiatan ini sangat besar manfaatnya untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi Gorontalo,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel saat membuka secara resmi kegiatan festival ini menekankan pentingnya mencintai produk lokal.

Menurut Rachmat, festival produk halal millenial 2022 ini tak sekadar menampilkan produk semata, tetapi harus mampu mengangkat produk-produk lokal Gorontalo ditingkat nasional dan internasional.

Namun demikian, paling penting kata Rachmat adalah masyarakat Gorontalo harus tahu dan lebih mencintai produk lokal Gorontalo.

“Semoga kegiatan festival ini memberikan banyak manfaat untuk peningkatan perekonomian Gorontalo,” tuturnya. (LaAwal-46)


Jangan Lewatkan

Komentar