oleh

Bina Potensi Perempuan di Pesisir

-Perempuan-146 Pengunjung

GORONTALO, RGOL.ID – Pemberdayaan terhadap kaum perempuan di provinsi Gorontalo, terus diharapkan oleh para tokoh perempuan di provinsi Gorontalo, agar kian dilakukan di ragam sektor atau tidak hanya terfokus pada satu-dua bidang saja.

Karena sejatinya, banyak kaum perempuan Gorontalo, sejak tempo dulu, banyak menguasai ketrampilan dan keahlian tersendiri di sejumlah bidang yang ditekuni-nya.

Salah satunya, pada usaha kerajinan dan keterampilan yang banyak dilakoni masyarakat perempuan di daerah-daerah pesisir atau dalam memanfaatkan sektor perikanan dan kelautan, serta potensi pesisir pantai yang tersebar di 6 kabupaten/kota se provinsi Gorontalo.

Hal ini tidak dipungkiri, karena semua daerah kabupaten/kota yang ada di provinsi Gorontalo, secara geografis ada daerah kelautan dan potensi perikanannya.

Seperti di Leato hingga Tanjung Kramat di wilayah Kota Gorontalo, lalu ada daerah Bone Pesisir di kabupaten Bone Bolango, kemudian pesisir pantai Biluhu cs di kabupaten Gorontalo, daerah sepanjang kabupaten Gorontalo Utara, yang berhadapan langsung dengan Laut Sulawesi. Hingga di wilayah barat, di kabupaten Boalemo dan Pohuwato.

“Maka, bukan hal yang mustahil, banyak perempuan-perempuan tangguh yang bisa diberdayakan oleh pemerintah, dalam mengakomodir potensi perikanan dan dari sektor kelautan.

Untuk dikelola oleh kaum perempuan di daerah pesisir ini, dalam upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan mereka masing-masing,” ujar sejumlah srikandi di Deprov, dalam sejumlah kesempatan.

Untuk itu, mereka berharap terkait kelanjutan dari program-program pemerintahan di APBD 2020 saat ini, senantiasa terus berkesinambungan dan berkelanjutan, serta bersinergi antara provinsi dan kabupaten/kota, dalam memberikan perhatian bagi kaum perempuan di daerah-daerah pesisir se provinsi Gorontalo.

“Sebagai bentuk partisipasi dan kontribusi mereka, untuk kelanjutan pembangunan di provinsi Gorontalo,” harap mereka. (ay1)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.