Birokrat di Pilkada, Kalau Tidak Siap, Baiknya Jangan

RadarGorontalo.com – Penyampaian Rusli Habibie lewat rapat terbatas dengan sejumlah pimpinan SKPD Provinsi Gorontalo, Jumat (7/7) kemarin, setidaknya larangan halus bagi birokrat yang akan terjun ke Pilkada 2018 mendatang. Memang Rusli tak secara langsung menyampaikan, namun tersirat dalam penyampaiannya tersebut, kalau tidak siap maju di Pilkada, maka jangan memaksakan diri alias pikir-pikir dulu sebelum semuanya terlanjur.

Bunyi penyampaiannya di rapat tersebut bagi ASN yang berencana maju di Pilbup Gorut maupun Pilwako Kota Gorontalo, dia menghimbau seraya memberikan tips, di mana Rusli menceritakan pengalamannya tiga kali bertarung dalam panggung politik (Bupati Gorut dan Gubernur dua periode). “Untuk terjun ke Pilkada harus dipersiapkan secara komprehensif. Jangan hanya keinginan dan kemauan tapi tidak sebanding dengan persiapan diri,” ungkap Rusli. “Persiapan diri artinya mempersiapkan segala-galanya. Baik logistik, partai, mental, berdoa serta harus “dua jantung”, tambahnya menceritakan pengalamannya.

Namun Rusli juga mengingatkan bahwa ranah Pilkada adalah ranah para politisi, jadi kalau mindnset terbiasa dengan birokrasi, untuk masuk ke sana (politik) sebaiknya dipikir-pikir dulu. “Tapi kalau memang ada yang serius, silahkan, saya tidak melarang tapi apa yang saya ceritakan ini adalah pengalaman saya selama ini,” tegasnya.

Selain itu Rusli memberikan sidikit bocoran rahasiannya sukses di politik selama ini. Pertama menurutnya, kalau ingin dipilih rakyat, maka perbanyaklah temui mereka, dengarkan apa keluhan mereka dan realisasikan. Rahasia kedua, perbanyak logistik. “Jabomegaya, doiparalu”. (rg-50)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.