BKKBN : Jangan Kawin Muda

Peserta pemilihan duta genre yang berlangsung di Mall Kota Gorontalo

Dari Sosialisasi Duta GenRe

RadarGorontalo.com – 40 finalis pemilihan duta GenRe Provinsi Gorontalo unjuk gigi dalam acara Talent Show yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Gorontalo, berlangsung di Mall Kota Gorontalo, Jumat malam (28/4).

Pemilihan duta genre ini selain sebagai wadah menembuhkan kembangkan minat remaja dalam seni, juga merupakan salah satu program efektif mensosialisasikan program genre di kalangan remaja, baik di lingkungan sekolah, kampus maupun masyarakat umum.

“Seorang duta akan lebih efektif dalam mensosialisasikan program genre dan KB di kalangan remaja. Seorang duta adalah ikon bagi masyarakat. Mereka akan menjadi contoh bagi remaja dan mahasiswa yang ada di sekitarnya,” papar Kepala BKKBN Provinsi Gorontalo Abdullah Kemma SE, M.Si, pada acara tersebut tadi malam.

Menurutnya, permasalahan remaja di provinsi Gorontalo sangat kompleks. Di samping jumlahnya yang banyak, juga rentan kawin muda, terlibat dalam penyalahgunaan napza, dan terkena HIV/AIDS.

Data menunjukan bahwa usia kawin pertama perempuan di provinsi Gorontalo masih di bawah 21 tahun. Banyak masyarakat yang menikahkan anaknya ketika masih usia sekolah. Untuk mengatasi masalah remaja itu, pemerintah telah melakukan berbagai upaya melalui program yang dilaksanakan lintas institusi pemerintah maupun masyarakat.

Salah satunya melalui program genre yang dilaksanakan dengan dua pendekatan, yaitu pendekatan kepada remaja itu sendiri melalui pengembangan Pusat Informasi Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK R/M), dan pendekatan kepada orang tua remaja melalui pengembangan kelompok Bina Keluarga Remaja.

“Saya berharap yang menang di talent show ini dapat mewakili provinsi Gorontalo untuk pemilihan di tingkat nasional,” pungkasnya. Seperti diketahui kegiatan pemilihan duta talent show guna meningkatkan sosialisasi promosi program melalui program GenRe di kalangan remaja agar memiliki sikap, pengetahuan dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial.(tr-10/rg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.