oleh

BNNK bersama IAI Gorontalo Sosialisasikan Cara Gunakan Obat

RGOL.ID, Gorontalo – Hari ini seluruh Apoteker di Dunia Khususnya Kota Gorontalo sedang melaksanakan peringatan Hari Apoteker Sedunia (World Pharmacist Day), momen penting bagi pengurus Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Gorontalo melaksanakan pembekalan kepada para Apoteker cilik dari 15 Sekolah Dasar (SD) se Kecamatan Kota Tengah di Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 403.

Ketua PD IAI Gorontalo Farid Adam,S.Si,Apt., mengungkapkan kegiatan ini kita lakukan sebagai bentuk kepedulian kami para Apoteker yang ada di Kota Gorontalo ini untuk bisa melindungi masyarakat dari penggunaan obat yang salah dan terumana penyalahgunaan obat.

peringatan Hari Apoteker Sedunia ini dilakukan di Gor Nani Wartabone Kota Gorontalo, Jumat (11/10) kemarin.

Penyebab dari kesalahan dalam penggunaan obat dan menyalahgunakan obat ini adalah karena, masyarakat tidak tahu tentang tata cara penggunaan obat yang benar.

“Jadi sekali lagi ini adalah bentuk kepedulian kami dari para Apoteker kususnya yang ada di Kota Gorontalo untuk melindungi masyarakat dari penggunaan obat yang tidak rasional, kami telah melakukan kegiatan ini dari masyarakat umum, siswa SMA dan yang terakhir ini siswa SD dengan harapan bahwa dengan kepolosan mereka bagaimana mereka bisa memberikan peringatan atau memberikan informasi kepada keluarga nya, bagaimana siswa-siswa SD ini kami berdayakan sebagai Apoteker cilik untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat dan terutama keluarganya,” tambah Farid.

Dari Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia ( PP IAI ) ini melaksanakan kegiatan peringatan serentak diseluruh Indonesia pada 11 dan 12 Oktober 2019, untuk sekolah-sekolah yang menerapkan Full Day dilaksanakan pada hari ini dan yang belum melaksanakan akan dilaksanakan besok hari dan ini ditarget kan bisa memecahkan rekor MURI.

Dan untuk yang melaksanakan FullDay hari ini adalah Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara, di Kabupaten lain yang tidak melaksanan FullDay akan berlangsung besok yakni Kabupaten Gorontalo, Kab. Pohuwato, dan Kab Bone Bolango.

“Sasaran kegiatan ini dilaksanakan di Kota Tengah, kenapa karena, Kota Tengah ini dijadikan filed Projek untuk gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat, di bulan-bulan kemarin kami sebagai Apoteker di Puskesmas Kota Tengah sudah melakukan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat yang sasarannya Ibu-ibu PKK para kader Kesehatan dari Tingakat Kelurahan sampai tingkat Kecamatan,” ungkap Rita Bimbang S.Si.Apt, Master Agen Of Change (AOC) Apoteker Prov. Gorontalo.

Ketua Panitia Pelaksanaan Peringatan Hari Apoteker Sedunia Jeflin Karokaro mengatakan, hari ini adalah hari peringatan Apoteker sedunia dalam rangka peringatan itu di adakan sosialisasi terkait penggunaan obat kepada anak-anak kelas V SD, ini dilakukan diseluruh Indonesia secara serentak dengan harapan bisa memecahkan rekor MURI dan harapan pesertanya itu 30 ribu sampai 50 ribu peserta.

Kenapa siswa kelas V Sd karena, data menunjukan di rentan usia tersbut dikatahui banyak sekali korban anak-anak salah penggunaan obat dan menyalahgunakan obat. Jadi kita sebagai profesi penanggungjawab Apoteker harus dikenalkan sejak dini supaya mereka tidak salah minum obat dan tidak salah dalam penggunaan obat.

Sosialisasi ini dilakukan bagaimana cara mendapatkan obat yang benar, menggunakan obat dengan benar, dan menyimpan obat yang benar dan kalau ada obat yang rusak bagaimana cara membuangnya dengan benar itulah yang kita terapkan kepada adik-adik ini karena mereka adalah aset dimasa depan kita. tutupnya.(tut-tr10)

Komentar