oleh

Bonebol Siap Gelar Pilkada 2020

-Bone Bolango-255 Pengunjung

RGOL.ID (Gorontalo) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Minggu (03/11) pagi kemarin resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bone Bolango tahun 2020, di Center Point Bone Bolango.

Hadir pada kegiatan itu anggota KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi didampingi Ketua bersama komisioner KPU Bone Bolango, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, Komisioner KPU Provinsi Gorontalo, Bawaslu Bone Bolango, unsur Forkopimda, serta masyarakat.

Kegiatan peluncuran Pilkada Bonebol diawali dengan senam sehat dan sarapan sehat. Selain itu, di lokasi peluncuran Pilkada Bonebol, dilaksanakan pula perekaman KTP Elektronik yang difasilitasi oleh Dinas Dukcapil Bone Bolango.

Kegiatan peluncuran Pilkada Bone Bolango diramaikan dengan tampilnya ”Si KOPINO” Maskot Pilkada Bonebol. Ketua KPU Bonebol, Adnan Berahim menegaskan KPU Bone Bolango sudah siap melaksanakan Pilkada tahun 2020.

Adnan menyampaikan bahwa pada perhelatan Pemilu lalu, partisipasi pemilih di Bone Bolango mencapai 90,8 persen atau tertinggi dari semua daerah di Gorontalo.

”Insyaallah partisipasi pemilih ini akan kami pertahankan, bahkan ditingkatkan pada Pilkada 2020 ini,” paparnya. Pada kesempatan itu pula, Adnan menjelaskan bahwa untuk DPT Bonebol sebanyak 112.047, sehingga itu, untuk calon perseorangan harus memiliki dukungan 10 persen dari DPT atau 11.205 dengan sebaran dukungan calon di 10 kecamatan.

”kami berharap Pilkada 2020 adalah Pilkada tanpa hoax, tanpa money politik, aman, damai dan sukses, serta melahirkan pemimpin yang berkualitas,” tegasnya. Adnan juga memperkenalkan maskot Pilkada Bone Bolango sebagai wujud komitmen KPU Bone Bolango dalam melaksanakan Pilkada.

”Maskot kita adalah SI KOPINO yang diangkat dari nama kopi khas Gorontalo yakni Kopi Pinogu yang memiliki arti Kepastian Hukum, Objektif, Profesional, Integritas, Netral dan Optimis. KPU Bonebol bersumpah dan komitmen mewujudka pemilih berdaulat, negara kuat,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Hamim Pou berharap KPU dan masyarakat lebih banyak mengedukasi masyarakat tentang pentingnya Pilkada. Hamim berharap KPU dan Bawaslu benar-benar bekerja dengan baik, sehingga terwujud Pilkada Bone Bolango yang aman, damai dan berkualitas.

”Mari kita semua memerangi fitnah dan hoax, insyaallah Pilkada kita berkualitas, damai, dan menjadi harapan seluruh rakyat Bone Bolango,” ungkapnya.

Hamim juga menegaskan apapun kebutuhan KPU dan Bawaslu yang sesuai dengan undang-undang dan amanah konsititusi, insyaallah Pemda Bone Bolango akan terus memfasilitasi. ”Mari kita sambut Pilkada Bonebol dengan gembira,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Republik Indonesia, Pramono Ubaid Tanthowi mengaku sangat terkesan dengan kearifan lokal Bone Bolango. Menurutnya, ini menjadi awal yang baik bagi penyelenggara untuk melaksanakan Pilkada 2020.

”Pesan saya bagi penyelenggara agar menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional dengan tetap menjaga moralitas dan integritas untuk mewujudkan Pilkada yang aman, damai, sukses dan berkualitas,” tuturnya. (wal-46)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.