oleh

BPJS Lembaga Sosial, Bukan Komersil

RadarGorontalo.com – Bupati Boalemo Rum Pagau kembali mengingatkan agar Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dapat mengakomodir pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat miskin. Entah masyarakat yang sudah punya kartu BPJS maupun masyarakat yang belum mendaftar menjadi peserta BPJS.

Menurutnya, BPJS itu adalah milik pemerintah yang sifatnya lebih besar ke sosial bukan komersil. Memang, kata Bupati Rum Pagau, masih banyak ketimpangan data masyarakat miskin dilapangan. Oleh karenanya diminta kepada Dinas Kependudukan dan Catata Sipil lebih bekerja keras lagi dalam melakukan uptodate persoalan kependudukan. Hal ini disampaikan Bupati Rum Pagau saat membuka pelaksanaan forum kemitraan dan komunikasi BPJS Kesehatan yang dilaksanakan kemarin diruang Vicom Kantor Bupati Boalemo dan dihadiri Kepala BPJS Cabang Gorontalo, Mohamad Aras, Sekda Boalemo Sujarno Abdul Hamid, unsur Bapelkesman Gorontalo, serta instansi terkait Pemprov Gorontalo dan Kabupaten Boalemo, Kamis(01/09).

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Rum Pagau mengatakan pemerintah daerah mendukung sepenuhnya kegiatan BPJS. Dukungan ini antara lain, pemerintah terus berupaya keras untuk melakukan validasi data kependudukan karena data kepesertaan BPJS adalah data dari Kependudukan dan Catatan Sipil bukan dari data yang lain. Bupati Rum Pagau meminta pihak BPJS tetap komitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Jangan sampai ketika ada masyarakat yang tidak punya kartu BPJS ditolak kita ingin mendapatkan pelayanan kesehatan. Hal seperti ini sudah harus dirubah dan bagaimana BPJS mampu melayani masyarakat tanpa memilih dan memprioritaskan pelayanan, karena BPJS sifatnya adalah lembaga social bukan lembaga komersil.

Dengan keseriusan pemerintah daerah dalam mendukung kegiatan BPJS maka Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Kantor Sosial lebih peka dan melakukan validasi data setiap saatnya. Bupati Rum Pagau berjanji, dalam setiap pecan seluruh data ini akan dievaluasi dan tentunya bagi pejabat yang tidak mampu maka pemerintah tidak segan-segan melakukan pergantian karena ini menyangkut kebutuhan masyarakat banyak. (RG-27/RG-59)


Jangan Lewatkan

Komentar