oleh

BPOM Gorontalo Gandeng Pemprov Gorontalo, Tangani COVID-19 Secara Mandiri

GORONTALO RGOL.ID – Menindaklanjuti permintaan Pemerintah Provinsi Gorontalo kepada Kepala Balai POM RI, upanya
mendukung program peningkatan kapasitas dan kemampuan serta kebutuhan sarana dan prasarana lain yang diperlukan guna pengujian Covid-19 yang berada di Gorontalo. Sebagaimana yang dimintahkan oleh Bapak Gubernur Gorontalo, agar
penanganan terkait dengan pemeriksaan uji Covid-19, akan diadakan di Provinsi Gorontalo.

“Tidak perlu jauh-jauh lagi dalam
penangan covid-19, kemakassar atau ke jakarta,” ujar Balai POM Gorontalo Yudi Noviandi, jumat (17/4/2020).

Kata Yudi, pengujian untuk Provinsi Gorontalo akan dilaksanakan di Laboratorium Balai POM di Gorontalo. Dimana pemeriksaan uji ini adalah merupakan respon Badan POM, terkait dengan upaya percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Gorontalo.

“Semua ini adalah arahan dari Pimpinan Kepala Badan POM dalam mengintrusikan, bagi semua BPOM untuk bisa berkotruksi aktif
dalam rangga penanganan covid-19 dimasing-masing wilayah,” katanya.

Dengan sumber daya yang kami miliki, peralatan SDM dan pasilitas yang ada, berdasarkan permintaan Bapak Gubernur untuk
bersinergi dengan Badan POM, akhirnya kita ditetapkan meningkatkan kapasitas untuk melaksanakan pemeriksaan uji covid-
19 di Provinsi Gorontalo.

Sebelunya kami hanya memeriksa obat dan makanan. Pemeriksaan uji Covid-19 ini lanjut kata Yudi, pada sebelumnya hanya pemeriksaan yang dilaksanakan dengan cara real time PCR.

Saya selaku Kepala Badan POM sangat mengapresiasi petugas Badan POM yang telah bersedia menjadi petugas pengujian COVID-19.

Kami juga memanggil Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan POM untuk menjadi sukarelawan pengujian COVID-19, seperti yang disampaikan saat videoconference dengan jajaran pimpinan Badan POM baik di Pusat maupun di seluruh wilayah Indonesia.

“Saat ini, Badan POM memiliki PCR di Badan POM Pusat tepatnya di Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPPOMN) dan di 21 Balai Besar/Balai POM di daerah yang dapat dimanfaatkan/ dipinjamkan untuk mendukung percepatan pengujian COVID-19 dengan tetap menjaga tertib administrasi dan akuntabilitas,” pungkasnya.(pdly).

Komentar