Bukan Corona, MD Ternyata Punya Riwayat TB dan Pneumoni

RGOL.ID – Meski hasil investigasi pemeriksaan salah satu pasien berinisial MD (74 tahun), adalah penyakit TB dan pneumoni, namun saat ini pasien yang diduga terpapar virus COVID 19 atau corona, masih terus dalam perawatan secara intensif di RSUD Aloe Saboe, Kota Gorontalo.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Reyke Uloli saat konfrensi pers, Selasa (3/3) kemarin menjelaskan bahwa Pasien mengeluhkan sesak nafas usai kembali dari ibadah umroh tanggal 1 Maret 2019 lalu. Ia sebelumnya masuk di RS Ainun Habibie tanggal 2 Maret selanjutnya dirujuk ke RS Aloe Saboe Kota Gorontalo malam itu juga.

“Pada saat kedatangan dari umroh pasien ini tidak ditemukan panas melebih 38 derajat. yang bersangkutan dari hasil investigasi memiliki penyakit TB dan pneumoni. Kemungkinan besar bukan karena COVID-19,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur RS Aloe Saboe, dr. Andang Ilato menambahkan bahwa pasien saat ini dirawat dengan keluhan sesak nafas, batuk, flu dan demam. Kondisi sekarang sudah ada perbaikan.

“Kita tidak mengabaikan kemungkinan COVID-19. Kita melakukan isolasi sampai ada hasil lab yang memastikan ini bukan COVID-19. Penanganan pneumoni dan TB tetap dilanjutkan,” ujarnya.

Dinas Kesehatan hari ini sudah mengambil spesimen pasien berupa sampel darah dan sampel dahak pasien. Spesimen selanjutnya dikirim ke laboratorium Kementrian Kesehatan di Jakarta.

Hasil laboratorium rencananya akan diumumkan pada Jumat 6 Maret 2019. Meski begitu sesuai standar operasional prosedur ,pasien akan terus diobservasi hingga 14 hari sejak dirawat. (mey-25/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.