oleh

Bupati Bone Bolango : Dana Desa Untuk JPS

RGOL.ID, GORONTALO – Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, rapat bersama Kepala Desa se-kabupaten Bone Bolango lewat video conference, Jumat (10/4/2020).

Bupati menegaskan agar seluruh elemen kompak, dan mendata kembali warga yang terdampak langsung covid-19.

Hamim menyampaikan kepada seluruh kepala desa terkait rapat bersama Menkopolhukam, Mendagri, Mensos, Menteri Desa dan yang lainnya, tentang Jaring Pengaman Sosial (JPS) dengan menggunakan dana desa.

Hamim memerintahkan kepada kepala desa untuk mengalokasikan dana desa antara 15-25 % jika dana desanya Rp1 milyar, kemudian 15-20 % di bawah Rp1 milyar, kemudian yang di atas Rp1 milyar bisa mengalokasikan 25 % untuk JPS, dan sembako untuk masyarakat di desa masing-masing, memprioritaskan mereka yang tidak terdaftar di PKH maupun bantuan pangan non tunai yang selama ini sudah didaftarkan dan dibantu melalui APBN.

“Kami sudah menghitung semua disini akan ada miliaran rupiah untuk kesehatan dan untuk bantuan sembako yang bersumber dari dana desa tersebut, ini hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19,” tegasnya.

Hamim mengatakan, hal-hal yang kurang jelas tetap berkoordinasi dengan Dinas Pemerintahan Desa, Dinas Keuangan, dan juga Inspektorat untuk penggunaan pemanfaatan dana desa tersebut.

Kata Bupati, Menteri Keuangan sudah menjelaskan bahwa tidak akan ada pengurangan dana desa, kemungkinan hanya APBD Kabupaten yang ditarik, transfer DAK yang ditarik oleh pemerintah pusat, tapi dana desa tidak akan dipotong.

“sehingga itu, kita harus maksimalkan dana desa ini untuk penaggulangan covid-19,” tutur Hamim. (awal-46)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.