oleh

Bupati Darwis Moridu : Pimpinan OPD Wajib Kuasai IT

rgol.id — Bupati Boalemo Darwis Moridu menegaskan bahwa dengan hadirnya Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), harus diperhatikan oleh para pimpinan OPD. Karena kedepan ini akan bisa menjadi babak baru bagi tata kelola atau manajemen pemerintahan di Indonesia.

Sebab berdasarkan kebijakan tersebut, seluruh instansi pemerintah wajib menerapkan SPBE atau yang lebih dikenal dengan e-government. ( i-Provurement, i-Perijinan, i-Pengaduan, i-Kesehatan, i-Pendidikan, i-Kepegawaian, i-Pensiun, i-Office, i-Planing, i-Badgeting, i-Monev), termasuk di Pemkab Boalemo.

Olehnya Bupati Darwis mengatakan, penting diterapkan Boalemo Satu Data untuk mengoptimalkan pelayan terhadap masyarakat. Ia juga menganjurkan OPD Pemda Boalemo agar dapat memanfaatkan Sistem Informas Berbasis Elektronik (SPBE), sebagai sarana infakstruktur mewujudkan Indonesia menuju Satu Data tahun 2020 nanti sebagaimana amanat PerPres 39/2019.

“Saya himbau OPD untuk memperhatikan sarana pendukung berupa website, terintegrasi dan memenuhi standar keamanan,” tegas Bupati Darwis belum lama ini.

Digitalisasi tata kelola pemerintahan ini, merupakan langkah nyata reformasi birokrasi yang dijadikan acuan, birokrasi pemerintahan dan harus beradaptasi untuk implementasi e-government dalam menekan praktik curang seperti, pungutan liar, suap menyuap, bahkan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

“Menghadapi tantangan dunia, revolusi industri 4.0 ini, penerapan e-government bagi penyelenggara negara adalah sebuah keharusan, bukan pilihan. Olehnya semua pimpinan instansi di Pemkab Boalemo harus mendukung akselerasi SPBE pada tiga domain utama, yaitu kebijakan, tata kelola, dan layanan,” tutup Bupati Darwis.(rg-45/Pr)

Komentar