oleh

Bupati Gorut Komitmen Cegah Kerusakan Ekosistem di Laut Sulawesi

RGOL.ID, GORUT – Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin ikut berkomitmen bersama mencegah kerusakan ekosistem laut di Pulau Sulawesi, khususnya di laut Sulawesi, terlebih khusus Gorontalo.

Komitmen itu ditandai dengan penandatangan kesepakatan bersama dalam rapat koordinasi (rakor) penanggulangan Destructive Fishing Gorontalo dengan daerah lainnya di Sulawesi, khususnya Gorontalo, yang diselenggarakan Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan di Aula RRI Gorontalo, Rabu (12/01/2022).

“Makanya nanti akan dibentuk tim dan keamanan laut akan diterjunkan, termasuk nanti ada kapal patroli yang diperbantukan di Gorontalo untuk mengawasi kelautan di Gorontalo, khususnya di Gorontalo Utara,” ungkap Indra Yasin ketika diwawancarai.

Dengan dibentuknya tim dan mengintensifkan keamanan di laut, Indra menilai, tentu ini akan mencegah terjadinya penangkapan ikan secara ilegal.

“Karena memang selama ini, tidak sedikit ada oknum-oknum yang melakukan pengambilan ikan dengan menggunakan cara yang tidak bagus secara ilegal, misalnya dengan menggunakan bom dan racun ikan,” bebernya.

Sehingga, menurut Indra, dengan akan dibentuknya tim pengawasan, tentu sangat penting, agar sumber daya laut, terlebih terumbu karang dan ekosistem didalamnya terjaga tetap lestari.

“Nah, tentu kami pemerintah daerah menyambut baik ini, sehingga nantinya sumber daya laut kita tetap dalam keadaan lestari, seperti terumbu karang yang kita harapkan jangan sampai rusak,” tukasnya.

Dalam rakor tersebut hadir dari pihak Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim serta bupati dan walikota perwakilan dari 4 Provinsi, masing-masing Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan. (ind-56)


Komentar