oleh

Bupati Nelson Pomalingo Temui Moeldoko Perjuangkan Produksi Pertanian

GORONTALO (RGOL.ID) – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Gorontalo, Prof. Nelson Pomalingo, terus mendorong dan memperjuangkan peningkatan produksi pertanian di daerah. Hal ini menurut Nelson akan berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan para petani itu sendiri.

Menariknya perjuangan Nelson Pomalingo itu disampaikan langsung kepada Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jenderal (Purn) Dr. Moeldoko, pada agenda MoU Program Hibah Aplikasi HKTI dan Rapat Pleno diperluas (Bidang OKK DPP HKTI) yang dihadiri juga oleh Ketua-ketua DPD HKTI se-Indonesia, Senin (28/3/2022) di sekretariat DPP HKTI, Jakarta Pusat.

Hal Kedua yang diusulkan Nelson Pomalingo adalah mengharapkan dukungan HKTI pusat agar mendorong fasilitas kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk petaniĀ  di daerah.

Menurut Nelson, KUR sangat dibutuhkan sebagai alternatif bagi petani untuk mendapatkan akses modal karena KUR diharapkan diarahkan untuk pembelian benih dan pupuk. “dengan begitu petani tidak lagi terjebak pada praktek-praktek rentenir dengan bunga yang tinggi dan mencekik,” ungkap Nelson.

Menurut Nelson Pomalingo, salah satu tantangan yang dihadapi oleh petani adalah persoalan modal yang harus menyentuh petani secara menyeluruh, sehingga dengan adanya KUR terutama diarahkan pada pembelian pupuk dan benih petani benar-benar menikmati panennya untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

“demikian pula hasil-hasil produksi pertanian terdapat kepastian terserap oleh pasar,” imbuh Nelson. Hal ketiga diusulkan yakni HKTI harus menjadi organisasi yang dapat mengambil peran dalam upaya peningkatan produksi pertanian di daerah daerah.

“Pentingnya penguatan organisasi agar berperan besar dalam membangun ketahanan pangan, kemandirian pertanian, peningkatan produksi pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani, khususnya petani-petani di daerah,” tandasnya. (rg-53)


Jangan Lewatkan

Komentar