oleh

BWSS II Gelar Apel Siaga Satgas Bencana

-rgol.id-130 Pengunjung

GORONTALO(R.Gol)- Perlu kita ketahui bersama tahun 2020 ini intensitas curah hujan yang ada di provinsi Gorontalo sangatlah sering terjadi, bahkan, dibulan Juni hingga Agustus kemarin, Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo mencatat telah terjadi Banjir sebanyak 11 kali yang meliputi sebagian wilayah Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Pahuwato.

Dalam kondisi ini BWS Sulawesi II Gorontalo melalui kegiatan OPSDA II juga dituntut untuk cepat melakukan tanggap Darurat ke lokasi-lokasi banjir tersebut. Berbagai personil dan armada alat berat seperti Excavator, Dump truck, Excavator amphibi, pompa Submersible, dan pompa-pompa kecil (alkon) diturunkan untuk mengevakuasi lokasi banjir tersebut.

Nah pada hari ini sobat PUPR, kami Kembali melakukan Apel siaga untuk satgas bencana yang digelar di lapangan workshop selasa pagi (20/10/2020) dan diikuti sebanyak 200 pegawai serta karyawan/ti dari unsur pejabat, Satker, dan Satgas bencana di lingkungan BWS Sulawesi II.

Sementara itu Kepala BWS Sulawesi II Gorontalo Ir. Naswardi, M.T., dalam wawancaranya menyampaikan apel siaga ini dilakukan untuk memastikan alat-alat dalam kondisi baik dan siap dioperasikan serta personil yg cakap dan mumpuni  sehingga ketika terjadi bencana yang  datang secara tiba-tiba, BWS Sulawesi II siap untuk bergerak dan tidak ada lagi kendala baik secara teknis maupun non teknis.

Kepala BWS Sulawesi II juga mengingatkan kepada kita semua bahwa sesuai data BMKG Nasional, fenomena La nina saat ini sedang berkembang disamudra pasifik maka Indonesia khususnya wilayah Provinsi Gorontalo patut mewaspadai dampak cuaca yang ekstrim pada akhir tahun 2020 ini serta diawal tahun 2021 nanti yang tentunya berdampak pada peningkatan intensitas curah hujan diatas rata-rata serta berpeluang mengakibatkan banjir dan tanah longsor. 

Kegiatan ini diakhiri dengan tanya – jawab kepada personil satgas bencana, dan peninjauan kondisi alat-alat dalam kondisi baik dan prima serta armada secara langsung oleh kabalai beserta jajarannya. (RG-54)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *