oleh

Danau Perintis tak Bertuan?

RGOL.ID – Keberadaan Danau Perintis di kabupaten Bone Bolango, tidak diketahui oleh jajaran Komisi I Deprov, kewenangan instansi atau pihak yang mengelola-nya.

“Apakah, masih milik atau dalam status pengelolaan pemerintah Sulawesi Utara, pemerintah kabupaten Gorontalo (sewaktu Bonbol belum dimekarkan), pemerintah kabupaten Bonbol sendiri, pemerintah provinsi, ataukah kewenangan pengelolaannya oleh pemerintah pusat, melalui BWSS II, seperti untuk Danau Limboto?” tanya Ketua Komisi I Deprov, AW Talib, Senin (16/5).

Hal ini diakui Talib, karena banyak masukan dan pertanyaan yang sama, terkait keberadaan Danau Perintis itu. “Artinya, jika sudah jelas kepemilikan atau pihak instansi/pemerintah daerah yang mengelola-nya, ya tidak apa-apa.

Misalnya, sudah menjadi kewenangan provinsi, maka kita (Deprov) tinggal memoles saja, hal-hal apa saja yang dibutuhkan. Terkait pemanfaatannya, misalnya untuk kepariwisataan, pemanfaatan sumber daya alam, perikanan, dan sebagainya di danau tersebut, untuk kepentingan rakyat banyak.” jelas Talib.

“Bahkan, dukungan anggaran pun, bisa kita upayakan. Asal, jelas dulu, instansi yang sudah resmi mengelolanya,” sahut anggota Badan Anggaran (Banggar) Deprov ini.

Untuk itu, lanjut Talib, bila belum jelas instansi yang mengelola Danau Perintis ini, dirinya akan mengajukan usulan pembahasannya di Komisi I, bersama instansi terkait, agar jelas kewenangan pengelolaannya. (ayi)


Jangan Lewatkan

Komentar