abd karim aljufrie

Dari Orba Sampai Sekarang Belum Ada Ketua Dekab Gorontalo Dua Priode, Syam T Ase Ketua Pertama Yang Berani Maju di Pilbup

Image
Syam T Ase

RGOL.ID – Sejak Orde Baru sampai Sekarang ini belum pernah ada orang yang bisa jadi Ketua DPRD dua priode.

Mulai dari Nasir Mooduto, Yusuf Yantu, Amir Piola Isa, sampai pada Amin Mootalo, dan Amin ini tercatat sebagai Ketua DPRD terakhir dari Golkar karena sudah dua kali Pileg Golkar tak bisa bangkit lagi.

Sebab pada 2014 Golkar digeser oleh PDIP. tentu saja ini sejarah yang diciptakan Venny Anwar sebagai Ketua DPC PDIP karena mampu menggeser dominasi Golkar di Kabgor dan Sahmid Hemu menjadi Ketua Dekab pertama dari PDIP.

Tetapi ketika Nelson jadi Bupati maka PPP menggeser PDIP pada Pileg 2019 dengan meraih 7 kursi, dan ini raihan terbesar sejak revormasi, dan Syam T Ase langsung naik tahta sebagai Ketua Dekab Gorontalo.

Sekadar catatan, sejak David menjadi Bupati suara Golkar terus turun , dan penurunan kursi Golkar di Kabupaten Gorontalo ini sangat drastis dari 30 an di era Achmad Pakaya lalu terus menurun hingga tinggal 4 kursi.

Lalu di era Hendra Hemeto sebagai Ketua DPD II Golkar suara Golkar merangkak naik sehibgga Golkar bisa kembali menjadi salah satu Pimpinan DPRD.

Pada 2024 nanti bisa dipastikan tidak ada Ketua DPRD yang dua priode karena Syam T Ase sudah memutuskan akan maju di Pilbup, itu artinya dia tidak akan maju di Pileg lagi.

Sekadar catatan dari semua Ketua Dekab Gorontalo belum ada satupun yang berani maju di Pilkada, kecuali Syam T Ase, dulu di era Orba Amir Piola Isa sempat akan majun namun langkahnya terhenti karena Fraksi ABRI tetap nerekomendasi nama Imam Noiriman untuk menjadi Bupati dua priode. (LaAwal)

Bagikan berita

Tinggalkan Komentar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

mUNGKIN ANDA LEWATKAN

Harga Telur Ayam Naik 100…
Harga Telur Ayam Naik 100…
Dec 11, 20161 min baca
Komisi II DPR RI Beri…
Komisi II DPR RI Beri…
Feb 6, 20173 min baca
Ini Lokasi Dahsyat Di Boalemo
Ini Lokasi Dahsyat Di Boalemo
Oct 7, 20162 min baca