Dari Tiga Calon Sekkot, Ismail Madjid Calon Kuat

RadarGorontalo.com – Bisa dipastikan Ismail Madjid akan terpilih menjadi Sekda Kota Gorontalo dan memang wajar kalau sosok yang satu ini mendapatkan nilai tertinggi dari sekian banyak calon Sekda yang ikut tes. Diantaranya Drs. Hi, Irwan Hamzah, M.Si merupakan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpor) Kota Gorontalo, dan Drs. M. Suprizal Jusuf, MM, merupakan dari Pemerintah Gorontalo Utara (Gorut). Selama ini Kepala Bappeda Kota Gorontalo ini tak punya gerakan tambahan, dia tak mau terlibat dalam urusan politik, dia benar benar birokrat tulen, lebih dari itu, Ismail memiliki kecerdasan.

Seperti yang diungkapkan sejumlah pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD), di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo. Yang meyakini Ismail Madjid, akan terpilih sebagai ‘Panglima’ nya aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Gorontalo. Contohnya Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Pemkot Dr. Hj, Siti Dahlia Syarif, SH. MH, yang sejak dari awal menjagokan Ismail Madjid. Menurutnya, kesenioran Ismail Madjid di Pemkot, dengan pengalaman memimpin beberapa SKPD. Baik itu Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Bappeda Kota Gorontalo. Menjadi sebuah bukti rill, bahwa sudah sangat teruji kemampuan seorang Ismail Madjid. “Dialah Leader nya ASN Pemkot,” ucap pejabat kerap disapa Lia Syarif itu.

Lain lagi dengan Kepala Dinas Perkim Kota Gorontalo Hj, Meydi N. Silangen, S.Pi, M.Si, mengapa dirinya memilih sosok Ismail Madjid. Karena menurutnya, lama berkiprah di dunia birokrat dari berbagai SKPD, Ismail Madjid bagi Meydi N. Silangen adalah Think Thank nya Pemkot. Sebagai pusat koordinasi program program strategis, maka sangat pantas menjadi Sekkot. “Pasti bisa membangun komunikasi dengan, baik lintas SKPD, pemerintah daeah mulai Kota, Provinsi sampai pusat. Serta mitra kerja, yaitu DPRD baik Kota dan Provinsi Gorontalo,” jelas Meydi.

Demikian pula dengan Mantan Camat Kota Timur, Drs. Arifin Muhammad, SH. MH, juga Kepala Kesbangpol Kota Gorontalo, yang lebih memilih Ismail Madjid. Meski secara detail, dirinya tidak mengjelaskan asalan pasti kenapa dirinya memilih Ismail Madjid. “Yang pastinya saya lebih pilih Kepala Bappeda Kota sebagai Sekkot Kota kedepan. Bukan hanya sudah teruji dan memenuhi syarat, tapi banyak program strategi Pemkot berhasil ditangani beliau, berkat dari hasil koordinasi,” singkat Arifin.

Namun, meski demikina ada juga beberapa pejabat SKPD yang memilih bungkam dan memberikan keterangan normatif. Seperti Kepala Kominfo Kota Gorontalo Rosman Bau, yang mengatakan ke tiga calon Sekkot tersebut berpotensi. “Kami tentunya menyerahkan pada Pansel dan PPK, siapa yang terpilih nanti itu adalah yang terbaik dari yang baik,” tutur Rosman.

Sama halnya pernyataan yang diungkapkan oleh Assisten III Setda Pemkot Gaffar Dude, bahwa ke tiga calon ini memiliki peluang yang sama. Maka dari itu dirinya lebih menyerahkan penetuan siapa terpilih, pada Pansel Sekkot. “Semua tergantung dari rekomendasi Walikota Gorontalo ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pusat. Dan semuanya kami serahkan pada Pansel,” terang Gaffar.

Kemudian mengenai tindak lanjut hasil rapat pleno pansel, Ketua Pansel Rauf Hatu mengatakan, berkas bertuliskan tiga nama tersebut akan dikirim ke KASN pusat. “Kita tunggu saja siapa yang akan dipilih Walikota Gorontalo Marten A Taha, sebagai ketua PPK. Kami belum tahu pasti, meski Ismail Madjid pada posisi teratas, bisa saja walikota memilih nomor urut dua atau tiga,” ungkap Rauf.(rg-62)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.