oleh

Deputi Gubernur BI Resmikan Green House

RGOL.ID – Gorontalo, Disela-sela kunjungannya di Gorontalo dalam rangka pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Erwin Rijanto meresmikan Green House Kelompok Hasrat di Desa Dumati, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Kamis (26/9) kemarin.

Green House Kelompok Hasrat ini merupakan salah satu UMKM Klaster Cabai Rawit Binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo.

Program pengembangan klaster cabai rawit bertujuan untuk mendorong produksi cabai rawit dengan penanaman metode organik yang akan meningkatkan produksi cabai rawit.

Adanya pengembangan klaster cabai rawit diharapkan dapat mendorong kestabilan harga dalam rangka menjaga ketahanan pangan dan menjaga inflasi dari sisi supply. Untuk itu, pemberian bantuan kepada para petani binaan yang dilakukan melalui Program Sosial Bank Indonesia berupa Green House ini, merupakan bentuk implementasi dari pengembangan UMKM oleh Bank Indonesia khususnya di bidang ketahanan pangan melalui pendekatan klaster dari hulu ke hilir.

Sarana Green House sangat diperlukan oleh petani cabai rawit untuk dapat menjaga keseluruhan rantai produksi khususnya di tahapan pengolahan lahan dan penyemaian bibit, mengingat kondisi Provinsi Gorontalo yang memiliki kondisi cuaca yang cukup ekstrem sehingga berpotensi untuk mengganggu produktivitas tanaman cabai rawit yang sangat peka terhadap cuaca.

Dalam sambutannya, Erwin Rijanto berharap melalui penerapan teknologi dan inovasi green house komoditas cabai rawit, maka dapat menjadi solusi pemenuhan pasokan komoditas cabai rawit di Provinsi Gorontalo.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa komoditas cabai rawit merupakan komoditas strategis yang persisten penyumbang inflasi dengan bobot mencapai 0,67% atau masuk dalam 50 komoditas yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Provinsi Gorontalo.

Erwin Rijanto berharap kepada Pimpinan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo untuk senantiasa memperkuat sinergi dan koordinasi dengan Pemerintah Daerah, dunia usaha, dan akademisi dalam pelaksanaan tugasnya.

Erwin juga berharap komunikasi yang baik, koordinasi yang intensif, serta kolaborasi sinergis yang telah terjalin selama ini, dapat terus berjalan dan semakin ditingkatkan.

Sementara itu, pada kegiatan itu, hadir pula Wakil Gubernur Gorontalo, DR. Drs. H. Idris Rahim, MM, Bupati Gorontalo, Prof. Dr. Ir. Nelson Pomalingo, M.Pd, pejabat dan pegawai SKPD terkait, pihak perbankan, dan UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo. (wal-46)

Komentar