abd karim aljufrie

Dialog Warkop di Limboto, Dibanjiri Support ke Penjagub Hamka Hendra Noer, Bangun Gorontalo

Image
PENJAGUB Gorontalo Hamka Hendra Noer mendapat sambutan warga Limboto saat dialog di warkop Pinogu Kamis (5/1) kemarin (foto riel)

RGOL.ID – Penjabat Gubernur Provinsi Gorontalo Hamka Hendra Noer, terus mendapatkan dukungan dari tokoh masyarakat, tokoh adat dan politisi untuk melaksanakan proses pemerintahan.

Hamka Hendra Noer diminta untuk tidak ragu ragu mengambil kebijakan pembangunan termasuk melakukan reshuffle di jajaran struktur pemerintahan Provinsi Gorontalo.

“Penjagub telah melaksanakan tugas sangat baik, saya mendukung dan akan membantu Penjagub melaksanakan tugasnya hingga Gorontalo jauh lebih baik, mari kita bangun Gorontalo lebih maju,” ujar Anggota legislatif Adhan Dambea saat memberikan pandangan singkatnya terhadap kinerja Penjagub Gorontalo Hamka Hendra Noer, saat dialog di warkop Pinogu Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Sebelum pandangan Adhan Dambea. Politisi Ishak Liputo menegaskan, kalau Hamka Hendra Noer sosok Penjagub yang cocok memimpin Gorontalo.

Katanya, Penjagub sosok yang berbeda dengan gubernur terdahulu. “Penjagub Hamka Hendra Noer berbeda dengan pemimpin sebelumnya, Penjagub dalam melaksanakan tugasnya tidak mudah marah marah saat dikritik, tapi Penjagub menghadapi dengan sabar dan selalu senyum, ini bukti kalau Penjagub Hamka Hendra Noer cocok memimpin Gorontalo,” ujar Ishak Liputo.

Berbeda dengan Umar Karim. Ia mengatakan ia tidak akan memuji, tapi ia melihat sikap Penjagub Gorontalo Hamka Hendra Noer, menolak perubahan APBD Perubahan Kabupaten Gorontalo dan Gorontalo Utara merupakan satu sikap seorang pemimpin yang hebat dan rasional.

“belum pernah terjadi, seorang Gubernur menolak menandatangani Perubahan APBD dalam sejarah berdirinya Provinsi Gorontalo, ini baru terjadi Gubernur Hamka Hendra Noer, ini saya salut, karena memang secara undang-undang itu tidak dibenarkan, dan sosok Hamka Hendra Noer sebagai penjagub yang berani dan jujur,” paparnya.

Kehadiran Penjagub di Warkop Pinogu Limboto Kamis (5/1/2023) kemarin memang mendapat simpati luar biasa.

Dialog yang awalnya sekedar ngobrol biasa, dihadiri ratusan masyarakat Kabupaten Gorontalo, tokoh masyarakat, adat,dan sejumlah politisi diantaranya turut hadir, Ketua DPRD Syam T Ase, tokoh masyarakat Ludin Olii, BEM Universitas Gorontalo, dan sejumlah aktiviS pemuda, LSM dan dll.

Sementara itu Penjagub Gorontalo Hamka Hendra Noer dalam kesempatan itu banyak menjelaskan terkait dengan arah pembangunan Provinsi Gorontalo, termasuk kesalahpahaman masyarakat terkait dengan nilai kinerja Penjagub oleh mendagri yang mendapat nilai C.

“penilaian penjagub agas kinerja Penjagub Gorontalo mendapatkan nilai C atau cukup, sesungguhnya, dalam penilaian hanya ada 3 kategori, baik, dan cukup, sisanya buruk, jadi Gorontalo tidak buruk tapi cukup, dan dalam kategori daerah yang bernilai cukup itu Gorontalo paling tertinggi nilainya,” kata Penjagub.

Penjagub juga menjelaskan, jika melihat dari indikator penilaian, Gorontalo merupakan salah satu daerah yang sangat baik kinerjanya. Kenapa? Gorontalo daerah pertama yang mengalokasikan anggaran pemilu 2022 100 miliar dan tahun 2023 100 miliar.

“sesungguhnya Gorontalo bisa lebih naik, tapi masalahnya di bagian teknis menginput data ke Mendagri, karena ini program baru, maka masih terjadi kesalahan dalam menginput data ke Mendagri, namun ini menjadi pelajaran agar tahun depan Gorontalo akan jauh lebih baik,” ujar Penjagub yang mendapat aplaus luar biasa. Hal lain, Penjagub Hamka Hendra Noer juga menegaskan tiga tugasnya.

“saya diberbagai kesempatan selalu menjelaskan terkait tugas saya sebagai penjagub, pertama adalah, menekan dan mengatasi perkembangan Covid 19 di Gorontalo, 2, membangkitkan ekonomi lokal pasca covid 19, dan 3, menjaga stabilitas demi suksesnya pemilu 2024 yang akan datang,” tegas Hamka Hendra Noer. Diakuinya Covid 19 kini terus melandai.

bahkan Gorontalo beberapa bulan lalu sudah diangka zero (0). Namun demikian ia berharap masyarakat waspada dengan menjaga kesehatan dan kebersihan.

Terkait dengan pengembangan ekonomi lokal. Gubernur mengakui ini tugas berat, kenapa ? karena pascah Covid 19 ekonomi ambruk.

Sehingga itu pemerintah yang memiliki uang cas itu harus secepatnya mengerakan sektor ekonomi agar segera bangkit. “beberapa kebijakan mengerakan sektor ekonomi diantaranya dengan melaksanakan kegiatan iven di daerah.

satu contoh kecil adalah, nantinya di gorontalo akan ada even olah raga, Asian Mini Soccer yang akan diikuti negara negara dikawasan asia. juga ada iven takraw dimana Gorontalo sebagai tuan rumah ini program berkelas asia.

Pemerintah Provinsi Gorontalo juga berusaha menarik kegiatan nasional dilaksanakan di daerah. selain mengundang investor untuk berinvestasi di Gorontalo.

“dengan iven seperti ini nantinya akan berdampak pada geliat ekonomi UMKM di Gorontalo,” tegas Hamka Hendra Noer. Antusias masyarakat ingin berdialog dengan Penjagub Gorontalo begitu tinggi.

Sayang dialog yang dimulai pukul 16.00 wita terasa begitu pendek. Saking banyaknya peserta yang ingin memberikan pendapatan dan masukan sempat kecewa.

Namun demikian Gubernur berjanji akan memberikan waktu dengan waktu yang lebih panjang berdialog dengan masyarakat Limboto khususnya Kabupaten Gorontalo.

“saya ini cuma diundang pak Ustadz Azis Ali ngopi sambil ngobrol santai, tapi tidak taunya acaranya jadi ramai seperti ini, insya allah diatur lagi dialognya diwaktu berikutnya agar saya juga mendapatkan masukan demi pembangunan ke depan,” ujar Penjagub Hamka Hendra Noer mengakhiri pertemuan tersebut menjelang magrib. (riel/rg)

Bagikan berita

Tinggalkan Komentar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments