oleh

Dibuka Besok, Simak Syarat Pendaftaran PPS

-Advetorial-367 Pengunjung

LIMBOTO (RGOL.ID) – Usai pendaftaran anggota Badan Penyelenggara (BP) Adhoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kali ini KPU Kabupaten Gorontalo akan membuka pendaftaran anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di setiap desa mulai besok 18 Februari dan berakhir pada 24 Februari 2020.

Rusli Utiarahman Komisioner KPU Kabupaten Gorontalo devisi perencanaan data dan informasi mengatakan selesai perampungan hasil rekrutmen PPK, KPU kali ini akan buka rekrutmen calon anggota PPS.

“Pendaftaran akan dibuka 18 Februari. Silahkan mendaftarkan diri bagi masyarakat yang ingin menjadi penyelenggara dalam Pemilihan Serentak di 23 September 2020,” ujar Rusli.

Dikatakan Rusli, perekrutan PPS ini bersifat terbuka. Jadi siapapun bisa menjadi PPS. “Tentu kami berharap dari bapak/ibu yang mewakili desa atau kelurahan, siapapun petugas-petugas PPS, nanti itulah orang-orang yang mengenal desanya dan dikenal juga oleh perangkat desa,” katanya.

Selain itu mengenai tugas PPS, Rusli mengatakan  PPS tugasnya bersifat teknis seperti pemutakhiran data pemilih, koordinasi di mana lokasi TPS, hingga proses distribusi logistik. Selain itu, hal terpenting ialah bagaimana meningkatkan partisipasi pemilih agar mencapai target 85 persen pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo di 23 September 2020 mendatang.

“Nanti, petugas PPS yang bakal direkrut sebanyak tiga orang untuk masing-masing desa dan kelurahan,” bebernya

Lanjut kata Rusli, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pendaftar, di antaranya belum pernah dua kali menjadi anggota PPS, perhitungan anggota PPS dalam jabatan yang sama yaitu telah dua kali periode berturut-berturut sebagai anggota PPS dalam pelaksanaan pemilihan umum DPR, DPRD, Presiden dan wakil presiden, Gubernur dan wakil gubernur, serta Bupati dan wakil Bupati.

“Beberapa syarat lainnya bersifat normatif seperti fotokopi KTP dan daftar riwayat hidup. Dan pendaftar juga tidak menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat pernyataan,” ungkap Rusli.

Terakhir Rusli berharap agar adanya dukungan dari masyarakat untuk memantau rekam jejak dari setiap calon anggota PPS. “KPU Kabupaten Gorontalo berkomitmen membentuk PPS yang berintegritas dan independen. Oleh karena itu, informasi dari seluruh elemen masyarakat terkait rekam jejak para calon anggota PPS nanti akan sangat dibutuhkan,” pungkas Rusli. (iyn)


Komentar