oleh

Dikson Bangkitkan Semangat Para Maba UG

-Kampus, Pendidikan-271 Pengunjung

KAMPUS (RAGORO) – Pendidikan Karakter dan Integritas Mahasiswa Baru (Paradigma) merupakan kegiatan awal bagi calon mahasiswa baru (Camaba) yang menempuh jenjang perkuliahan di suatu perguruan tinggi, kegiatan ini juga merupakan pembentukan watak maupun karakter bagi seorang mahasiswa baru.

Dengan kata lain bahwa, baik tidaknya kepribadian mahasiswa di sebuah perguruan tinggi, dapat terlihat juga dari baik tidaknya pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru melalui kegiatan paradigma maupun kegiatan penanaman pengetahuan dasar lainnya kepada camaba di perguruan tinggi tersebut.

Wakil Rektor 2 UG Dr. Dikson Junus, MPA menjelaskan, pada dasarnya kegiatan paradigma ataupun sejenisnya merupakan pintu ilmu bagi calon mahasiswa baru. Selain itu, dapat mengenal segala bentuk kehidupan di dalam kampus.

Pintu ilmu itu akan dibuka dan dicermati atau dipelajari secara saksama oleh calon mahasiswa baru dalam memperdalam ilmu pengetahuannya, sehingga apabila pintunya baik, maka pola pikirnya juga bisa baik, dan begitupun sebaliknya.

“Paradigma merupakan kegiatan untuk memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru, dimana kegiatan ini juga menjadi tanggungjawab universitas untuk mensosialisasikan kehidupan di perguruan tinggi dan proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan civitas akademika itu sendiri,” jelas Dikson.

Selebihnya, Dikson mengatakan, dimana tujuan utama dari pelaksanaan paradigma yaitu menambah wawasan calon mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal, memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan.

“Selanjutnya, menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, tertib, dan dinamis serta menumbuhkan kesadaran bagi mahasiswa baru akan tanggungjawab akademik maupun sosial sebagaimana tertuang dalam Tridharma Perguruan Tinggi,” terang Dikson.

Sementara itu, Presiden BEM UG Mukhammad Arifin, mengaku, kegiatan paradigma ini akan dilaksanakan selama 6 hari yaitu mulai tanggal 26-31 Agustus 2019, yang dibagi dalam 2 agenda yakni Pra Paradigma dan kegiatan inti Paradigma.

Untuk kegiatan Pra Paradigma itu sendiri dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 26-27 Agustus 2019, dimana kegiatannya berupa pemberian materi tentang kehidupan kampus dan kehidupan organisasi kemahasiswaan di dalam kampus.

“Sedangkan untuk kegiatan inti paradigma dilaksanakan tanggal 28-31 Agustus 2019, diantaranya tanggal 28-29 yaitu pemberian materi tentang wawasan kebangsaan, dan tanggal 30 yaitu pemberian materi tentang penguatan keagamaan (pesantren kilat) serta pelaksanaan Inagurasi atau malam puncak kegiatan pada tanggal 31 Agustus 2019,” ungkapnya. (RG-56)


Komentar