oleh

Dinas Perpustakaan Boalemo, Terus Berinovasi

Boalemo (rgol.id) – Dtengah pandemi covid 19, tidak membuat surut jajaran Dinas Perpustakaan Kabupaten Boalemo untuk melakukan gebrakan dan inovasi. Menurut Kadis Perpustakaan Dorci Pauweni, S.Sos, bahwa Pepustakaan merupakan sumber ilmu pengetahuan bagi masyarakat Kabupaten Boalemo.

“Banyak buku-buku di perpustakaan, bisa bermanfaat bagi siapa saja warga Boalemo yang ingin membacanya. Contoh bisa membuat tambak udang Vaname,’ ujarnya.

Bagi Dorci, literasi mempunyai peranan penting dalam mendorong kesejahteraan masyarakat Boalemo, dan perpustakaan mempunyai peranan penting dalam meningkatkan literasi masyarakat. Literasi merupakan hak dan memberikan manfaat yang nyata, yang didapat melalui pendidikan sekolah maupun program literasi untuk orang dewasa.

Program ini menghasilkan manfaat yang melampaui hasil dari pendidikan di sekolah.
Lanjut Dorci, hadirnya program Pepurnas yakni, program transfromasi perpustakaan berbasis inklusi social, memperkuat perarn perpustakaan dalam meningkatkan literasi masyarakat.

“Perpustakaan berbasis inklusi sosial ini merupakan program upaya dalam meningkatkan akses kepada masyarakat agar mendapatkan informasi yang masyrakat perdesaan butuhkan. Sehingga terjadi proses belajar yang mendorong kreativitas dan inovasi agar masyarakat perdesaan kreatif sehingga menjadi kesejahteraan bagi masyarakat sendiri,” ujar Dorci.

Selain itu juga, Dinas Perpusatakaan telah melaksanakan pelatihan pembuatan pot, kripik dan rempeyek. Dengan kegiatan itu, setidaknya membuka peluang usaha bagi masyarakat dalam mengembangkan ilmu yang sudah didapat selama pelatihan.

“Jika ingin pintar dan cerdas, maka datang membaca buku di Dinas Perpustakaan kabupaten Boalemo,” tutupnya. (fikri)

Komentar